3 Tahun Beruntun, LPS Kantongi Rating AAA Stabil dari Dua Lembaga Rating

Jum'at, 09 Oktober 2020 - 21:10 WIB
loading...
A A A
Sebelumnya, pada April 2020, Fitch Ratings Indonesia telah mengafirmasi Peringkat Nasional Jangka Panjang LPS di AAA(idn). Outlook adalah Stabil. Peringkat nasional di kategori AAA menunjukkan peringkat tertinggi yang diberikan Fitch pada skala peringkat nasional untuk Indonesia.

"Peringkat ini diberikan kepada emiten atau surat utang dengan ekspektasi resiko gagal bayar yang terendah relatif terhadap emiten atau surat utang lainnya di Indonesia," ungkap dia.

Pandangan Fitch didasarkan pada kepemilikan negara pada entitas, kerangka hukum yang jelas dalam hal bantuan keuangan, dan peran kebijakan LPS dalam mendukung stabilitas sistem keuangan. Fitch percaya pemerintah memiliki insentif yang sangat kuat untuk memberikan dukungan yang luar biasa, jika diperlukan.

LPS adalah institusi independen pemerintah yang didirikan berdasarkan Undang-Undang no.24/2004. LPS memiliki peran untuk menjaga stabilitas perbankan dengan menyediakan penjaminan dana pihak ketiga hingga Rp2 miliar per orang, per bank.
LPS membantu pemerintah mempertahankan kepercayaan publik terhadap sistem perbankan dan keuangan Indonesia, yang sangat penting bagi stabilitas keuangan negara. LPS melapor secara langsung kepada Presiden.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1341 seconds (0.1#10.140)