Kondisi Tak Menentu Jangan Belanja Serampangan, Simak Tipsnya

Selasa, 13 Oktober 2020 - 05:00 WIB
loading...
Kondisi Tak Menentu Jangan Belanja Serampangan, Simak Tipsnya
Kondisi yang tengah tak menentu perlu disikapi dengan mengelola pengeluaran secara bijak. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Dalam situasi yang tidak menentu saat pandemi saat ini, menghemat belanja dan lebih cermat dalam mengelola pengeluaran menjadi suatu keharusan. Sebab, jika pemasukan tiba-tiba tersendat, bisa-bisa tabungan terkuras, atau bahkan terpaksa menambah utang.

(Baca Juga: Jangan Terlewat, Siapkan Dana Darurat di Masa Gawat) Perancang Keuangan Eko Endarto mengatakan, prinsip utama yang perlu diperhatikan adalah menetapkan batas maksimal untuk belanja, misalnya sebesar 10% per bulan.

"Artinya, hanya boleh menghabiskan maksimal sejumlah tersebut untuk memenuhi kebutuhan. Mengalokasikan dana secara tepat penting untuk menghindari belanja impulsif," kata Eko kepada SINDOnews.

Dia melanjutkan, ada baiknya konsumen memanfaatkan promo diskon pada platform e-commerce. Hal ini bisa menghemat anggaran belanja yang telah disiapkan.

"Jangan buru-buru membeli barang. Cari dulu produk-produk yang Anda incar dan bandingkan harga produk tersebut di beberapa toko online atau marketplace," tandasnya.

(Baca Juga: Hati-Hati Iming-Iming Belanja Online)

Dia juga menyarankan agar konsumen menjalani hidup apa adanya, sesuai dengan kemampuan isi dompet. Petuah ini, tegas dia, bisa menjadi penyelamat untuk melewati situasi yang tidak menentu seperti sekarang ini. "Janganlah boros untuk pos-pos tersier," tandasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5026 seconds (0.1#10.140)