Jangan Terlewat, Siapkan Dana Darurat di Masa Gawat

Minggu, 04 Oktober 2020 - 09:30 WIB
loading...
Jangan Terlewat, Siapkan Dana Darurat di Masa Gawat
Situasi yang serba tak pasti di tengah masa pandemi perlu disikapi dengan menyiapkan dana darurat yang akan sangat berguna di saat yang gawat. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 diakui telah menimbulkan tekanan luar biasa bagi perekonomian di dalam negeri. Pada kuartal III, Indonesia bahkan diproyeksi sudah masuk ke jurang resesi .

Berdasarkan survei dari McKinsey and Company, Lifepal.co.id menilai situasi ini mulai diantisipasi oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terlihat dari kenyataan menurunnya aktivitas konsumsi di masa pandemi yang lantas berdampak pada minusnya pertumbuhan ekonomi di kuartal II lalu.

Survei McKinsey and Company itu menunjukkan, 83% masyarakat Indonesia akan lebih berhati-hati saat mengeluarkan uang di era pandemi ini. Terkait pandemi ini, 62% responden juga setuju bahwa ketidakpastian ekonomi cukup mengganggu keputusannya untuk belanja.

(Baca Juga: Ini Tips Mengelola Keuangan Keluarga di Tengah Pandemi COVID-19)

Selanjutnya, yang cukup mengkhawatirkan adalah 55% responden merasa bahwa pekerjaannya menjadi kurang aman. Sementara itu, 59% lainnya merasa bahwa penghasilannya mengalami penurunan.

Survei McKinsey mengindikasikan adanya masalah yang cukup besar dan mengancam keamanan finansial individu atau sebuah keluarga. Masalah yang dimaksud adalah risiko hilangnya pendapatan di tengah pandemi.

Jangan Terlewat, Siapkan Dana Darurat di Masa Gawat


Salah satu cara untuk memitigasi risiko ini adalah dengan menyediakan dana darurat. Memiliki dana darurat akan sangat berguna untuk menutupi pengeluaran bulanan di saat tidak ada pemasukan. Lantas, bagaimana caranya agar kita dapat menyiapkan dana darurat ini? Boleh disimak tips dari Lifepal.co.id berikut ini:

(Baca Juga: Kondisi Tak Pasti, Pastikan Punya Dana Darurat dan Aset Likuid) Langkah pertama, kenali berapa besar kebutuhan dana darurat kita. Dalam perencanaan keuangan, dana darurat atau kerap kali disebut dengan istilah basic liquidity ratio atau rasio likuiditas.

Rumus untuk mengenali rasio likuiditas kita adalah Total Aset Lancar/Pengeluaran bulanan. Nilai minimum dari rasio likuiditas adalah, 3 hingga 6. Hal itu menandakan bahwa, kita mampu bertahan hidup tanpa adanya pendapatan bulanan hingga 3 atau 6 bulan ke depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1837 seconds (0.1#10.140)