Terbongkar!, Ada 12 Ribu Desa di Indonesia Belum Menikmati Internet

Senin, 12 Oktober 2020 - 23:36 WIB
loading...
Terbongkar!, Ada 12 Ribu Desa di Indonesia Belum Menikmati Internet
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkap, ada sebanyak 12 ribu desa di Indonesia belum terkoneksi internet. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkap, ada sebanyak 12 ribu desa di Indonesia belum terkoneksi internet . Hal ini dikarenakan masih kurangnya pengembangan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) .

(Baca Juga: Pandemi Bongkar Kelemahan Infrastruktur Ekonomi 4.0 )

Sebagai informasi, dalam APBN 2021, pemerintah mengalokasikan Rp29,6 triliun untuk bidang ICT mencermati kebutuhan yang tinggi dampak penerapan kerja dan sekolah dari rumah memanfaatkan teknologi dalam jaringan (daring). Alokasi untuk ICT itu untuk optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dalam mendukung dan meningkatkan kualitas layanan publik yang memberikan efisiensi, kemudahan dan percepatan.

“Maka kita kejar infrastruktur ICT, masih ada 12 ribu lebih desa yang belum terkoneksi internet,” kata Menkeu Sri Mulyani dalam video virtual, Senin (12/10/2020).

Dia melanjutkan saat ini konektivitas internet masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah karena belum 100% terealisasi. “Mungkin rasio elektrifikasi sudah mendekati 100% tapi untuk konektivitas dari sisi internet belum 100%, ini menjadi PR (pekerjaan rumah) kita semua,” paparnya.

(Baca Juga: Anggaran Kuota Internet Gratis Rp7,2 T Digelontor Hingga Desember )

Sambung Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menambahkan, ICT merupakan salah satu dari tujuh kebijakan strategis 2021 untuk mendukung akselerasi pemulihan dan transformasi ekonomi menuju Indonesa Maju. "Ke depan dorongan research agar bisa meningkatkan kemampuan entah kesehatan atau bidang teknologi," tandasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1129 seconds (0.1#10.140)