Kelola Kartu Kredit Agar Tagihan Tak Mencekik, Gini Caranya

Rabu, 14 Oktober 2020 - 04:01 WIB
loading...
Kelola Kartu Kredit Agar Tagihan Tak Mencekik, Gini Caranya
Menggunakan kartu kredit memang asyik, tapi jika tak terkendali bisa-bisa keuangan Anda tercekik. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kartu kredit adalah salah satu bentuk kecanggihan keuangan modern saat ini yang memudahkan masyarakat bertransaksi. Tak perlu uang tunai , cukup gesek kartu dan barang yang diidamkan bisa dibawa pulang.

Tidak hanya memudahkan bertransaksi, kartu kredit biasanya juga menawarkan banyak diskon dan cashback di setiap penggunaanya.

(Baca Juga: 5 Kalkulator Pembayaran Kartu Kredit Terbaik)

Begitu banyak nilai plus yang ditawarkan kartu kredit pada penggunanya. Tapi hati-hati, jika tak bijak menggunakannya, kartu kredit bisa menjadi bumerang yang mengacaukan keuangan Anda.

Perancang Keuangan Eko Endarto mengatakan, banyak orang yang lantas menganggap kartu kredit sebagai sarana berhutang paling gampang. Tapi karena kemudahan itu pula banyak orang yang kemudian kewalahan saat tiba waktunya membayar tagihan.

"Kesalahan dalam menggunakan kartu kredit biasanya banyak dilakukan oleh pemegang kartu kredit pemula," ujar Eko kepada SINDOnews.

Padahal, dia melanjutkan, ada banyak cara agar pemakaian kartu kredit sehingga tagihan tidak membengkak. Pertama, kata dia, adalah memilih kartu kredit yang sesuai kebutuhan.

"Jadi kalau menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran, maka pilihlah kartu kredit yang menawarkan banyak diskon dan cashback belanja," ujarnya.

Selanjutnya, Eko mewanti-wanti agar jangan memiliki terlalu banyak kartu kredit. Pasalnya, semakin banyak mempunyai kartu kredit, semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan.

"Setiap kartu kredit biasanya mempunya biaya administrasi tahunan, biaya keterlambatan, biaya cetak tagihan dan lain-lain," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)