Dilebur, Bank Syariah BUMN Makin Kuat

Rabu, 14 Oktober 2020 - 10:15 WIB
loading...
A A A
Wakil Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Catur Budi Harto menuturkan, bank syariah hasil merger diharapkan mampu memiliki mesin, skala ekonomi, dan jangkauan pasar yang lebih besar untuk mengoptimalkan potensi ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Gabungan kekuatan dari tiga bank syariah ini akan dapat memiliki spektrum layanan syariah yang lebih lengkap dalam satu atap.

“Tentunya dengan engine dan otot yang lebih kuat dan besar itu kita bisa mengoptimalkan potensi ekonomi dan keuangan syariah secara sustainable,” papar Catur. (Baca juga: Kenali Bahaya Virus Rotavirus yang Bisa Mematikan)

Direktur Hubungan Kelembagaan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) Sis Apik Wijayanto mengungkapkan, bank syariah nasional masih memiliki ruang yang sangat besar untuk berkembang karena market share yang masih relatif kecil. Meski Indonesia negara dengan populasi umat Islam terbesar, market share keuangan syariah di Indonesia saat ini relatif kecil, yakni 9,68% per Juli 2020.

“Jika dilihat dari penetrasi pasar, bank syariah nasional memiliki room for growth yang masih luar biasa besar. Dengan pembentukan satu bank syariah yang solid, kuat, dan besar, maka akan menjadi bank syariah terbesar di Indonesia dan Top-10 syariah bank secara global,” tutur Sis Apik.

Rencana merger tiga bank syariah ini diawali dengan penandatanganan conditional merger agreement (CMA). Sayangnya, Tim Project Management Office (PMO) belum memastikan akan ada perubahan atau pergantian nama baru setelah merger terjadi.

Menurut Ketua Tim Project Management Office (PMO) sekaligus Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Herry Gunardi, ihwal yang bersifat progresif dari mulai nama hingga skema ke depan pasca-CMA belum bisa dipublikasikan ke publik. Pengumuman hasil merger sendiri dijadwalkan pada 20-21 Oktober 2020. (Baca juga: Petinggi KAMI Ditangkap, Ini Tanggapan Din Syamsuddin)

“Skema merger tentunya ini tunggu tanggal 20 Oktober, nanti akan menyampaikan pengumuman merger plan. Ini masih kondisi merger, ihwal advance dipertanyakan belum bisa diungkapkan sekarang. Tunggu tanggal 20-21 Oktober tahun ini, akan ke step pengumuman merger plan-nya,” ucap Herry.

Tim PMO menegaskan, mereka belum akan menyampaikan informasi lebih detail mengingat induk-induk bank yang anak usahanya dimerger merupakan perusahaan terbuka. Selain persoalan nama, direksi dan komisaris atau penguasa baru di bank syariah hasil merger juga belum bisa disampaikan.

“Teman-teman, harap maklum kondisi kami, ini perusahaan Tbk. Kita tidak boleh mendahului informasi material ke publik sebelum step-step dilalui,” ujarnya.

Dalam penggabungan ini, PT Bank BRISyariah Tbk (BRIS) ditetapkan menjadi bank survivor atau entitas yang menerima penggabungan Bank Syariah Mandiri dan BNI Syariah. Direktur Utama PT Bank BRISyariah Tbk Ngatari mengaku siap mengemban amanah yang dititipkan pemerintah. (Baca juga: Pemipimpin Oposisi Ultimatum Presiden Belarusia)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1386 seconds (0.1#10.140)