Semangat! Survei Tunjukkan Dunia Usaha Membaik di Triwulan III

Rabu, 14 Oktober 2020 - 13:45 WIB
loading...
Semangat! Survei Tunjukkan Dunia Usaha Membaik di Triwulan III
Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mengindikasikan bahwa terjadi perbaikan kegiatan dunia usaha pada triwulan III/2020. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mengindikasikan bahwa kegiatan dunia usaha membaik pada triwulan III/2020. Hal ini tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pada triwulan III/2020 yang sebesar -5,97%, membaik dari -35,75% pada triwulan II 2020.

(Baca Juga: Omnibus Law Ciptaker Berikan Sentimen Positif Bagi Dunia Usaha)

Survei tersebut juga menunjukkan bahwa perbaikan kegiatan usaha terjadi pada seluruh sektor ekonomi . Direktur Eksekutif Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjarnako menjelaskan, perbaikan pada sektor industri pengolahan, sektor perdagangan, hotel & restoran, sektor pengangkutan & komunikasi dan sektor keuangan, real estat & jasa perusahaan didukung oleh penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di berbagai wilayah. Sementara itu, perbaikan pada sektor pertanian, kehutanan & perikanan didukung oleh cuaca.

"Sejalan dengan kinerja kegiatan usaha, kapasitas produksi terpakai dan penggunaan tenaga kerja pada triwulan III/2020 tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan triwulan sebelumnya. Sementara itu, kondisi keuangan dunia usaha dari aspek likuiditas dan rentabilitas juga menunjukkan perbaikan pada triwulan III, dengan akses kredit yang membaik," kata Onny di Jakarta, Rabu (14/10/2020).

Sementara, untuk triwulan IV/2020, responden memprakirakan kegiatan usaha akan mencatat kinerja positif dengan SBT sebesar 2,12%.

(Baca Juga: Stimulus Dunia Usaha Akan Terus Dikucurkan)

"Berdasarkan sektor ekonomi, peningkatan terjadi pada mayoritas sektor ekonomi, terutama sektor keuangan, sektor real estate & jasa perusahaan, sektor perdagangan, hotel & restoran, dan sektor pengangkutan & komunikasi. Kegiatan usaha yang makin kuat pada triwulan IV/2020 sejalan dengan optimisme penerapan AKB yang dapat mendorong permintaan masyarakat," jelasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2362 seconds (0.1#10.140)