Diguncang Turbulensi Global, Sri Mulyani: Beruntung Ekonomi RI Nggak Nyungsep

Jum'at, 16 Oktober 2020 - 10:17 WIB
loading...
Diguncang Turbulensi Global, Sri Mulyani: Beruntung Ekonomi RI Nggak Nyungsep
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan ekonomi Indonesia tidak ikut terjun bebas menghadapi menghadapi turbulensi global. Menurut dia RI masih menjadi negara yang beruntung karena walaupun diguncang turbulensi hebat ekonomi masih aman dan stabil.

"Kita masih beruntung, ekonomi Indonesia masih stabil walaupun beberapa negara ekonominya yang memburuk akibat turbulensi," ujar Sri Mulyani dalam video virtual, Jumat (16/10/2020).



Dia melanjutkan terus meningkatkan perdagangan dan aliran modal khususnya investasi asing langsung (FDI) yang lebih penting dibandingkan aliran modal jangka pendek.Adapun, menghadapi pandemi Covid-19, defisit pun diperlebar menjadi 6,3% pada 2021.

"Pelebaran defisit ini kemudian memerlukan sumber pembiayaan baru. Kita akan transparan dalam mengelola kebijakan fiskal," bebernya.

Dia menambahkan pemerintah Indonesia terus berkomunikasi dengan Bank Indonesia (BI) untuk intervensi di pasar perdana SBN ini. Hal itu untuk memulihkan perekonomian Indonesia. "Kita juga mengambil langkah untuk terus melakukan pemulihan ekonomi Indonesia," jelasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1751 seconds (0.1#10.140)