Berat..Berat, Bisnis Mal Baru Bisa Pulih jika Vaksin Ditemukan

Jum'at, 16 Oktober 2020 - 19:37 WIB
loading...
Berat..Berat, Bisnis Mal Baru Bisa Pulih jika Vaksin Ditemukan
Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Asosiasi Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) memperkirakan bahwa pusat perbelanjaan atau mal tidak akan pulih sebelum vaksin ditemukan, dan vaksinasi itu dilakukan pada sebagian besar masyarakat Indonesia.

Seperti diketahui, mal menjadi salah satu sektor usaha yang sangat terdampak pandemi Covid-19. Lesunya daya beli masyarakat dan sepinya pengunjung membuat pengusaha mal terus merugi. ( Baca juga: Jeritan Pilu Pengusaha Mal: Masyarakat Ogah Nongki-Nongki Lagi )

"Mal baru akan pulih menuju normal setelah vaksinasi dilaksanakan. Selama belum dilakukan, kami perkirakan belum bisa pulih beranjak menuju normal," ujar Ketua Asosiasi Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja dalam telekonfrensi, Jumat (16/10/2020).

Maka itu, lanjut dia, pengusaha mal sangat berharap dengan ketersediaan vaksin di Indonesia. Seperti, vaksin yang sedang diuji klinis oleh Bio Farma, pemerintah pun menargetkan produksinya sudah bisa dilakukan pada awal tahun 2021. ( Baca juga: Orang Dewasa Wajib Divaksin untuk Kesehatan Bersama )

"Jadi, diprediksi vaksinasi setidaknya baru akan dilakukan pada kuartal II-2021. Tentunya proses ini akan memakan waktu yang panjang karena besarnya jumlah penduduk Indonesia," ungkap dia.

Dia menambahkan, pandemi ini menekan pusat perbelanjaan sebab tingkat kunjungan mal turun drastis. "Dan juga seiring kebijakan pembatasan yang diterapkan pemerintah maupun respons kehati-hatian masyarakat terhadap transmisi Covid-19," tandas dia.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1901 seconds (0.1#10.140)