Terungkap! Ini Alasan Orang China Doyan Banget Makan Pisang dari Indonesia

Minggu, 18 Oktober 2020 - 11:45 WIB
loading...
Terungkap! Ini Alasan Orang China Doyan Banget Makan Pisang dari Indonesia
Pisang hasil produk Indonesia digemari warga China. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Ekonom Pertanian Bustanul Arifin mengungkapkan alasan mengapa warga China suka banget makan pisang hasil produk Indonesia sehingga berakibat meningkatkan ekspor dari dalam negeri. Hal ini dikarenakan pisang yang dimiliki Indonesia memili kualitas dan rasa yang bagus.

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan ekspor buah-buahan ke China mengalami peningkatan pada September 2020. Salah satunya buah yang digemari warga China yakni Pisang lalu disusul Manggis dan Kelapa dari hasil perkebunan. Adapun, ekspor China pada September 2020. Tercatat selama periode tersebut nilai ekspor ke China sebesar USD2,63 miliar.

"Mengapa bisa ekspor, karena prinsip-prinsip sistem agribisnis telah diterapkan dengan baik. Apalagi ini pisangnya jenis dari Lampung," ujar Bustanul saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Minggu (18/10/2020).

Dia melanjutkan pisang yang diekspor ke China ini berasal dari keluaega pisang Cavendish. Sebagai informasi, Pisang cavendish merupakan salah satu jenis pisang yang banyak tumbuh di Indonesia. Pisang Cavendish dikenal sebagai salah satu komoditas favorit di pasar dunia. Fakta ini bisa menjadi peluang bagi Indonesia. Pasalnya, Pisang Cavendish atau pisang Ambon Putih merupakan komoditas buah tropis.

Adapun ciri khas pisang ini juga memiliki rasa yang manis namun agak asam dan tekstur yang lunak.Selain itu, buahnya juga memiliki warna putih kekuningan. "Pisang ini dari Cavendish, dikelola perusahaan besar, kelompok usaha GGP-Great Giant Plantations. Induknya dulu bernama Great Giant Pineaple," tandasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1788 seconds (0.1#10.140)