Belum Dianggap, Potensi Kekuatan Bahan Pangan ini Dahsyat

Selasa, 20 Oktober 2020 - 16:18 WIB
loading...
Belum Dianggap, Potensi Kekuatan Bahan Pangan ini Dahsyat
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan, sagu merupakan suatub yang kurang diolah dengan baik. Padahal, menurutnya, sagu bisa menjadi salah satu sumber kekuatan pangan Indonesia selain beras. ( Baca juga:Buwas Ancam Karyawan Bulog yang Berani Main-main dengan Beras Bansos )

"Ada 5,5 juta hektare lahan sagu, yang dikelola hanya baru 5%. Jika ini bisa dikelola 10% atau 15% saja, maka sumber pangan kita selain beras punya tambahan yang luar biasa," katanya dalam konferensi pers Pekan Sagu Nusantara (PSN) secara virtual, Selasa (20/10/2020).

Ia menyampaikan, sagu merupakan sebuah kekuatan untuk mengarah pada kedaulatan pangan. Untuk itu pihaknya sudah berkerja sama dengan beberapa kementerian, akademisi, dan pihak swasta agar mengembangkan sagu.

"Salah satu yang dikembangkan adalah pembuatan mie dari sagu," ungkapnya.

Ia menambahkan, sagu juga memiliki potensi ekonomi yang besar jika dikembangkan. Sagu bisa diekspor dan juga memenuhi industri pangan nasional. ( Baca juga:Update Corona: 368.842 Positif, 293.653 Sembuh, 12.734 Meninggal )

"Jadi bukan hanya untuk makan dalam negeri saja. Ini ada orientasi ekspor karena banyak negara lain yang butuh sagu sebagai bahan baku. Sagu ini bisa diolah jadi kue, makanya ini sangat berpotensi untuk industri pangan nasional," tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1111 seconds (0.1#10.140)