Vaksin Covid-19 Asal Korsel Siap Uji Klinis Akhir 2020 di Indonesia

loading...
Vaksin Covid-19 Asal Korsel Siap Uji Klinis Akhir 2020 di Indonesia
Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - PT Kalbe Farma Tbk mencatat vaksin asal perusahaan obat biologi Korea Selatan (Korsel), Genexine, Inc, akan diuji secara klinis di Indonesia. Rencananya uji coba tersebut dilakukan di akhir 2020 ini.

Presiden Direktur Kalbe Farma Vidjongtius mengatakan, usai uji coba klinis vaksin hasil kolaborasi Kalbe dan Genexine itu akan digunakan pada kuartal ke-III/2021 mendatang setelah memperoleh Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan yang disingkat (BPOM).

(Baca juga: Ilmuwan TOP Dunia Yakin Vaksin Tak Akan Musnahkan Virus Corona)

"Diperkirakan bisa mulai dipakai kuartal III-2021, berdasarkan Emergency Use Authorization dari BPOM," ujar Vidjongtius, Selasa (20/10/2020).



Vidjongtius menguraikan, saat ini vaksin tengah diuji coba tahap II di Korsel. Setelah itu, uji coba tahap ke-III juga akan dilakukan di negara setempat. Usai uji coba ke-III, vaksin akan dibawah ke Indonesia untuk diuji secara klinis.

Dari keterangan resmi yang disampaikan pihak Kalbe, perseroan dan Genexine memang bersepakat untuk melakukan uji klinik GX-19 di Indonesia, yakni pengembangan vaksin DNA terhadap Covid-19.

(Baca juga: Tagihan Perawatan Covid-19 di RS Swasta Capai Rp147 Miliar)



Kerja sama itu melalui konsorsium dengan Genexine, Binex, the International Vaccine Institute(IVI), GenNBio, the Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), dan Pohang University of Science and Technology (POSTECH).
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top