Ini 4 Fakta Menarik di Balik BUMN Pengganti Jiwasraya

Kamis, 22 Oktober 2020 - 11:31 WIB
loading...
Ini 4 Fakta Menarik di Balik BUMN Pengganti Jiwasraya
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian BUMN telah resmi menetapkan Indonesia Financial Group (IFG) sebagai holding BUMN perasuransian dan penjaminan BUMN. Sebagai holding, IFG diyakini mampu menghadirkan perubahan di bidang keuangan, khususnya asuransi, investasi, dan penjaminan.

"IFG akan menjadi salah satu solusi terdepan dan terpercaya untuk meningkatkan stabilitas dan inklusi keuangan nasional, memperkuat daya saing di sektor asuransi dan penjaminan, serta memperkuat fungsi investasi dalam ekosistem asuransi nasional, terutama di dalam BUMN,” ujar Robertus BiIlitea, Direktur Utama IFG, dikutip pada Kamis (22/10/2020). ( Baca juga:Buwas Tetap Bertengger di Bulog, karena Keberanian dan Kebijakannya? )

Ada sejumlah fakta terkait pembentukan IFG sebagai perseroan pelat merah yang fokus pada sektor asuransi dan penjaminan.

1. Pengganti PT Asuransi Jiwasraya (Persero)
Pada Juni 2020 lalu, Menteri BUMN Erick Thohir melontarkan pernyataan bahwa pihaknya akan membubarkan Jiwasraya karena mengalami persoalan likuiditas. Pasalnya, asuransi jiwa tertua di Indonesia itu mengalami tekanan likuiditas sehingga ekuitas perseroan tercatat negatif Rp23,92 triliun pada September 2019.

Dalam upaya menyelamatkan perusahaan asuransi negara dan kewajibannya membayar polis nasabah, Kementerian BUMN mengajukan penyertaan modal negara (PMN) untuk PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI). PMN tersebut pun untuk membentuk perusahaan asuransi baru, yang kini dikenal dengan IFG.

2. Dapat Suntikan Dana dari Pemerintah
IFG akan memperoleh bail-in dana sebesar Rp22 triliun untuk membentuk IFG Life, yang akan turun dalam dua tahun, yakni Rp10 triliun pada 2021 dan Rp12 triliun pada 2022.
Dana tersebut akan dijadikan modal dasar untuk menggerakkan IFG Life dan menampung liabilitas dari polis nasabah Jiwasraya hasil restrukturisasi.

3. Memiliki 9 Anggota Holding
Usai ditetapkan sebagai holding BUMN perasuransian dan penjaminan, konsolidasi aset IFG mencapai Rp72,5 triliun per Maret 2020.
Selain itu, IFG memiliki sembilan anggota holding di antaranya PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo), PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), PT Jasa Raharja, dan PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo), PT Bahana Sekuritas, PT Bahana TCW Investment Management, PT Bahana Artha Ventura, serta PT Grahaniaga Tata Utama, dan PT Bahana Kapital Investa.

4. Fokus Pada 3 Lini Bisnis Utama
Manajemen perseroan negara itu akan membawa IFG Life untuk fokus pada tiga lini bisnis utama, yaitu layanan proteksi, baik untuk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, serta program dana pensiun lembaga keuangan (DPLK) untuk menyiapkan dana pada saat peserta pensiun.

Pihak IFG Life yakin dapat mendobrak pasar asuransi nasional dan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia, khususnya di bidang proteksi jiwa, kesehatan, serta dana pensiun, dan termasuk melakukan migrasi portofolio jiwasraya yang telah selesai direstrukturisasi oleh pihak Jiwasraya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)