Cegah Penumpukan Penumpang, Operator Transportasi Diminta Tambah Armada

loading...
Cegah Penumpukan Penumpang, Operator Transportasi Diminta Tambah Armada
Ilustrasi penumpang bus. Foto/Dok SINDOphoto/Ramadhan Adiputra
A+ A-
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta operator transportasi untuk menambah armada apabila ada indikasi penumpukan penumpang pada libur panjang terhitung 28 Oktober nanti.

Menurut dia, penambahan armada itu untuk memastikan protokol kesehatan yang memadai dan menekan penyebaran Covid-19 selama pergerakan libur panjang pada akhir Oktober 2020.

"Jadi saya minta dirjen-dirjen di Kemenhub untuk memastikan apabila ada tambahan jumlah penumpang yang bergerak, agar menambah kapasitas. Lalu jangan dengan kapasitas yang ada, sehingga terjadi penumpukan dan terjadi jumlah yang melampaui jumlah kapasitas yang ditetapkan," ujar dia dalam telekonfrensi, Jumat (23/10/2020).

(Baca juga: Libur Panjang, KAI Daop 8 Surabaya Operasikan 23 Perjalanan KA Jarak Menengah/Jauh)



Dia juga berpesan kepada pemudik atau masyarakat yang akan pulang kampung agar tidak bersamaan melakukan perjalanan pada 28 Oktober 2020.

"Saya imbau pada masyarakat, agar tidak semua pulang pada 27 Oktober 2020 malam dan 28 Oktober 2020. Kalau bisa sebagian pulang tanggal 26 Oktober 2020 karena itu bisa mengurangi penumpukan penumpang," pungkas dia.

(Baca juga: Libur Panjang, Diperkirakan Penumpang Pesawat Melonjak hingga 110 Ribu Orang)



Sebelumnya, Menhub telah melakukan berkoordinasi dengan berbagai pihak guna memastikan dan memenuhi protokol kesehatan dengan baik pada libur panjang akhir Oktober.
(ind)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top