Pariwisata Terpukul Corona, Begini Cara Adaptasi Pemandu Wisata hingga Pedagang Jagung Bakar di Bali

Minggu, 25 Oktober 2020 - 07:17 WIB
loading...
A A A
Setelah didera pandemi selama tujuh bulan lebih, pelaku usaha dan pekerja pariwisata pun kian beradaptasi. Dalam kunjungan ke Pulau Dewata pada pekan lalu, SINDO sempat berbincang dengan sejumlah masyarakat yang selama ini hidupnya bergantung pada aktivitas pariwisata. Mereka pun menceritakan kondisi terkini dan adaptasi yang harus dilakukan di tengah lesunya kunjungan wisata akibat pandemi. Apa saja?

1. Dari Bertani Sayur lalu Menanam Palawija

Warga Bali di kawasan Uluwatu sebetulnya tidak terlalu banyak makan sayur, namun mereka menanam sayuran segar untuk dijual karena biasanya warga asing sangat suka salad dan sayuran segar. Menurut salah satu warga di Bali di Uluwatu yang juga pemilik Malini Agro Park Uluwatu, I Wayan Tana, sejak masa pandemi ini mereka tidak lagi menanam banyak sayuran karena minim permintaan. Sehingga untuk bertahan hidup mereka menanam singkong untuk dikonsumsi sendiri.

“Selama Pandemi ini kami tidak ada pemasukan, permintaan suplai sayur juga hampir tidak ada. Pegawai di sini sudah setengahnya lebih dikurangi dan kami menanam singkong untuk bertahan hidup dan dikonsumsi sendiri,” ujarnya.

2. Tidak Ada Lagi Atraksi Tari Kecak yang Menyumbang Rp6 Miliar per Bulan

Terpukulnya pariwisata yang menjadi nyawa masyarakat Bali berdampak pada para pemandu wisata. Prawira, salah seorang pemandu wisata mengaku sejak pandemi kunjungan turis menurun drastis sehingga berdampak juga pada pendapatannya sehingga dia pun harus putar otak agar dapur tetap ngebul.

Selain memandu turis ke destinasi wisata, pada kondisi normal Prawira juga kerap mengantar turis menonton pentas Tari Kecak. Namun, sejak pandemi, nyaris tak ada lagi pertunjukan tari kolosal tersebut.

Menurut Prawira, pertunjukan Tari Kecak biasanya melibatkan sekitar 60-100 orang penari. Sejak pandemi, potensi pemasukan dari pentas Tari Kecak yang dalam sebulan bisa menghasilkan hingga Rp6 miliar pun hilang.

“Tari Kecak biasa dihadiri 1.200-an tamu dengan harga tiket Rp100 ribu per orang dan pertunjukan dua kali sehari, itu biasa menghasilkan Rp240 juta sehari atau kisaran Rp6 miliar dalam sebulan. Pelaku seni di Bali yang menjadikan profesi penari freelance akhirnya tidak ada sumber pemasukan,” ungkapnya.

3. Minimnya Pemasukan bagi Toko Souvenir dan Galeri Seni
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)