Animo Tinggi, Jualan ORI018 Tembus Rp12.97 Triliun

loading...
Animo Tinggi, Jualan ORI018 Tembus Rp12.97 Triliun
Penjualan obligasi negara ritel seri ORI018 terus meningkat. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani telah melaksanakan Penetapan Hasil Penjualan Obligasi Negara Ritel seri ORI018 dengan total volume pemesanan pembelian ORI018 yang telah ditetapkan sebesar Rp12,97 triliun. Dana hasil penjualan ORI018 tersebut akan dipergunakan untuk memenuhi sebagian kebutuhan pembiayaan APBN 2020, termasuk untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional.

"Sebagai instrumen SBN ritel ketiga yang ditawarkan di masa pandemi, ORI018 masih menunjukkan hasil penjualan yang sangat baik. Capaian ini terpenuhi meskipun ORI018 ditawarkan dengan kupon terendah sepanjang sejarah penerbitan SBN ritel dan dengan masa penawaran yang relatif singkat dibandingkan dengan periode penjualan SBN ritel sebelumnya," tulis keterangan DJPR di Jakarta, Senin (26/10/2020).

Baca Juga: Laris Diborong Milenial, Sri Mulyani Genjot Penjualan SBN Ritel

Untuk mengakomodir permintaan masyarakat, Pemerintah bahkan harus menaikkan kuota penjualan pada sistem e-SBN. Sampai dengan penerbitan SBN ritel yang kelima di tahun 2020 ini, pemerintah berhasil menyerap Rp71,37 triliun.



"Animo masyarakat yang tinggi menunjukkan bahwa masyarakat semakin menyadari pentingnya
menjaga kebiasaan berinvestasi walaupun di tengah kondisi ketidakpastian ekonomi. Instrumen yang sudah jelas keamanannya seperti ORI menjadi pilihan masyarakat," jelasnya.

Sekitar 56% dari 26.160 total investor ORI018 merupakan investor yang sudah pernah membeli SBN ritel. Hal ini sejalan dengan tujuan awal penerbitan ORI018 untuk memberikan kesempatan bagi pemilik ORI014 yang jatuh tempo pada bulan Oktober 2020 untuk menginvestasikan kembali dananya ke instrumen serupa.

Baca Juga: BI Pembeli Siaga, Bisa Beli SBN di Pasar Perdana hingga 2021



Selain diminati oleh existing investor, ORI018 juga diminati oleh masyarakat yang baru mulai belajar berinvestasi. Hal ini didasarkan pada fitur ORI018 yang memberikan imbal hasil yang lebih menarik dibandingkan dengan investasi sejenis, minimal investasinya yang terjangkau dan kemudahan akses pemesanan melalui platform online, yaitu melalui layanan transaksi Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara elektronik (e- SBN) serta investasi pada ORI018 merupakan wujud partisipasi langsung masyarakat dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.
(nng)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top