Mau Transformasi Digital? Nih Kuncinya…

Senin, 26 Oktober 2020 - 17:07 WIB
loading...
Mau Transformasi Digital? Nih Kuncinya…
Foto/Ilustrasi
A A A
TANGERANG SELATAN - Transformasi digital di masa mendatang tidak bisa dihindari lagi. Terlebih di era pandemi Covid-19 , dimana aktivitas masyarakat lebih banyak dilakukan dengan cara-cara baru demi mengurangi kontak fisik.

Kondisi ini memerlukan adanya fasilitas infrastruktur yang mumpuni namun dengan biaya terjangkau. Hal ini menjadi prasyarat utama guna memenuhi kebutuhan aktivitas masyarakat.

“Infrastruktur jadi prasyarat untuk transformasi digital. Selain itu harganya harus affordable, terjangkau. Kalau bisa gratis,” ujar Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Ismail saat membuka Focus Group Discussion (FGD) bertema Peran Strategis Ditjen SDPPI di Masa Pandemi di Tangerang Selatan, Banten, Senin (26/10/2020).

( )

Dia menambahkan, mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait transformasi digital, ada beberapa hal yang menjadi perhatian dalam percepatan dalam menerapan transformasi berbasis teknolog internet tersebut.

Pertama, menuntaskan isu infrastruktur agar tidak ada lagi masyarakat yang tidak terhubung dengan teknologi komunikasi. “Teknologi komunikasi itu harus sama seperti halnya infrastruktur jalan yang wajib ada untuk mendukung aktivitas masyarakat,” kata dia.

Kedua, adanya pusat data. Terkait hal ini, yang penting diperhatikan adalah adanya data yang terintegrasi dan terkoneksi satu sama lain sehingga semua instansi pemerintah bisa memanfaatkannya.

Ketiga, menyiapkan roadmap (peta jalan) untuk semua sektor dengan menyinergikan pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi (TIK). Keempat, faktor sumber daya manusia (SDM) yang harus mumpuni.

( )

"Harus ada pengembangan SDM dan talenta-talenta untuk memasuki ekosistem digital,” katanya. Terakhir, imbuh dia, adalah arus ada keselarasan regulasi antara instansi sehingga tidak ada lagi tumpang tindih kebijakan.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3421 seconds (0.1#10.140)