Dana-Dana dari Bank Kakap Sudah Balik Lagi ke Bank Cere

Selasa, 27 Oktober 2020 - 21:30 WIB
loading...
Dana-Dana dari Bank Kakap Sudah Balik Lagi ke Bank Cere
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa mengklaim dampak pandemi kepada perbankan sudah mulai mereda. Hal tersebut terlihat dari mulai adanya perbaikan pada kinerja perbankan .

Sebelumnya, terjadi pergeseran dana simpanan di bank kecil ke bank besar. Namun saat ini kualitas aset sudah pada level yang lebih teratur.

"Kami menilai ada perbaikan kinerja dan risiko perbankan, kualitas asetnya membaik dan sekarang pada level yang manageable," ujarnya dalam Konferensi Pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) secara virtual, Selasa (27/10/2020). ( Baca juga:Duit Masyarakat di Bank yang Dijamin LPS Capai Rp3.418 Triliun )

Purbaya menjelaskan, pada periode April hingga Juni, dana pihak ketiga lari menuju bank-bank besar. Namun dalam dua bulan terakhir, sudah kembali lagi ke bank kecil.

"Kalau kita lihat April-Mei-Juni-Juli, ada tendensi slight quality di mana ada dana pihak ketiga lari ke bank-bank besar. Bulan Agustus dan September keadaan sudah berubah, kami melihat dana sudah kembali ke bank-bank yang kecil juga," jelasnya.

Purbaya menambahkan, saat ini industri perbankan seharusnya sudah mulai memberikan kredit kembali. Sehingga dirinya meyakini jika ekonomi di kuartal IV akan membaik. ( Baca juga:Dekati Rekor CR7 Lukaku Belum Jadi Striker Terbaik Dunia )

"Karena hampir 80% ekonomi kita didorong oleh domestik demand. Tapi, kita tahu bahwa sektor finansial stabil. Saya percaya bahwa ekonomi akan membaik di kuartal IV-2020," kata Purbaya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)