Wisata Lokal Akan Jadi Primadona

Rabu, 28 Oktober 2020 - 00:52 WIB
loading...
Wisata Lokal Akan Jadi Primadona
Destinasi wisata lokal menjadi semakin populer di kala pandemi Covid-19 menerjang. Adanya pembatasan akses antarnegara membuat destinasi wisata lokal menjadi lebih diminati. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Destinasi wisata lokal menjadi semakin populer di kala pandemi Covid-19 menerjang. Adanya pembatasan akses antarnegara membuat destinasi wisata lokal menjadi lebih diminati. Ke depannya, tren wisata lokal akan terus menggeliat pasca Covid-19.

(Baca Juga: Pariwisata: Kapan Bangkit? )

Menurut hasil riset yang dilakukan Inventure pada Agustus-September terhadap 441 responden, sebesar 61,6% mayoritas setuju memilih wisata domestik daripada wisata luar negeri.

"Masyarakat akan lebih memilih wisata lokal dibandingkan dengan wisata luar negeri," ujar Managing Partner Inventure Yuswohady dalam webinar Indonesia Industry Outlook (IIO) 2021, Selasa (27/10/2020).

Menurut dia, pariwisata tetap menjadi kegiatan yang ingin segera dilakukan untuk melepas penat setelah berbulan-bulan terkurung di rumah. Di masa pandemi prioritas wisatawan bergeser dimana cleanliness, healthiness, safety, dan environment (CHSE) menjadi faktor penting dalam proses pengambilan keputusan memilih destinasi yang bakal mereka kunjungi.

"Untuk menyelamatkan sektor pariwisata Indonesia, di tahun 2021 pemerintah dan pelaku usaha pariwisata harus fokus mengembangkan pariwisata domestik," jelasnya.

(Baca Juga: Terpukul Pandemi Corona, Pemandu Wisata Bertahan dengan Berbagai Cara )

Di sisi lain, masyarakat masih enggan bepergian menggunakan transportasi umum seperti pesawat. Selain itu, jarak yang dekat dan bisa diakses dengan kendaraan pribadi akan membuat masyarakat merasa lebih nyaman dan aman.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1525 seconds (0.1#10.140)