Jaga Neraca Dagang, Mendag Lepas Ekspor Kosmetik Senilai Rp22,9 Miliar

loading...
Jaga Neraca Dagang, Mendag Lepas Ekspor Kosmetik Senilai Rp22,9 Miliar
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (tengah). Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto melepas enam kontainer ekspor PT Paragon Technology and Innovation (PTI) ke Malaysia periode Oktober 2020 untuk produk kosmetik dan perawatan wajah dengan merek Wardah senilai Rp22,9 miliar di Tangerang, Banten baru-baru ini. Pelepasan kontainer ekspor menandakan bahwa di tahun 2020 ini PT Paragon Technology and Innovation telah melepaskan kontainer ekspor ke-53 yang seluruhnya dikirimkan ke Malaysia.

"Saya menyampaikan apresiasi terhadap PT Paragon Technology and Innovation yang mampu meningkatkan produknya ke pasar mancanegara walaupun sedang berada di tekanan pandemi dan perlambatan ekonomi dunia," ujar Mendag, di Jakarta, Kamis (29/10/2020).

Baca Juga: Neraca Dagang Surplus, Tiga Menteri Ekonomi Jokowi Dipuji

Mendag menjelaskan, peluang ekspor produk kosmetik masih terbuka lebar karena permintaan dunia untuk produk kosmetik dan parfum pada 2019 tercatat sebesar USD82,40 miliar. Sementara itu, ekspor produk kosmetik Indonesia berhasil mencatatkan nilai ekspor USD135,67 juta pada periode Januari-Agustus 2020.



Negara tujuan ekspor utamanya, yaitu Thailand dengan pangsa 18,89 persen dari total ekspor dan Singapura 16,58 persen. Malaysia yang menjadi tujuan kontainer ekspor kali ini berada di posisi ke-3 dengan pangsa sebesar 10,71 persen. Selanjutnya diikuti Filipina 9 persen dan Jepang 6,04 persen.

Sebagai salah satu perusahaan kosmetik, Wardah menjadi salah satu merek kosmetik halal dan berkualitas serta telah menerima berbagai penghargaan. Beberapa di antaranya yaitu Pioner Kosmetik Halal di Indonesia dan Halal Top Brand dari Kementerian Agama bersama LPPOM Majelis Ulama Indonesia, Global Fastest Growing Brand dari Incosmetics Paris; Indonesia Original’s Brand and Customer Choice dari majalah SWA; Campaign of the Year dari Beauty Asia.

Mendag menuturkan, masih banyak peluang yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan ekspor produk kosmetik Indonesia secara global. Hal itu ditunjukkan PT Paragon Technology and Innovation yang mampu menembus pasar Malaysia. "Diharapkan dengan pelepasan ekspor ini, produk kosmetik ini dapat dikenal tidak hanya pada kancah domestik, tapi juga pasar internasional," tandas Mendag.



Menurut dia kegiatan ekspor tersebut sebagai upaya pemerintah bersama industri menjaga kinerja ekspor nonmigas di tengah tekanan ekonomi global dan pandemi Covid-19 telah menunjukkan hasil yang menggembirakan. Pada periode Januari-September 2020, neraca perdagangan Indonesia surplus sebesar USD13,51 miliar yang dihasilkan dari kinerja dagang sektor nonmigas sebesar USD 18,18 miliar dan defisit neraca sektor migas sebesar USD 4,66 miliar.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top