Indonesia Negara Paling Dermawan, Potensi Wakaf Capai Ratusan Triliun

loading...
Indonesia Negara Paling Dermawan, Potensi Wakaf Capai Ratusan Triliun
Kedermawanan masyarakat Indonesia yang memiliki indeks tertinggi di dunia berdasarkan riset World Giving Index 2018, menjadi potensi tersendiri untuk memajukan ekonomi umat. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Kedermawanan masyarakat Indonesia yang memiliki indeks tertinggi di dunia berdasarkan riset World Giving Index 2018, menjadi potensi tersendiri untuk memajukan ekonomiumat. Adapun menurut Bank Wakaf Indonesia (BWI), potensi wakaf uang nasional sebesar Rp180 triliun per tahunnya.

(Baca Juga:Dana Abadi Umat, Wapres Siapkan Gerakan Nasional Wakaf Tunai)

Sementara, luas tanah wakaf di Indonesia ada sekitar 522 ribu m2. Menurut Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Kementerian Agama RI Tarmizi Tohor, Indonesia memiliki nazhir wakaf terbanyak di dunia dimana ada sekitar ribuan nazhir perorangan dan 248 nazhir wakaf uang.

"Sementara saat ini sudah ada 22 bank syariah yang penerima wakaf uang," kata Tarmizi saat webinar Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 di Jakarta, Jumat (30/10/2020).



Ke depan, pihaknya meminta pada Bank Indonesia (BI) jika ada masyarakat yang ingin berwakaf uang. Maka tidak perlu datang ke kantor cabang perbankan cukup melalui online saja. "Jadi kalau ada yang mau wakaf Rp100 ribu ya cukup online saja. Tidak perlu datang ke bank, kan sayang kalau ke bank tapi ongkosnya lebih gede," imbuh dia.

(Baca Juga:Potensi Besar, Menkeu Bidik Dana Wakaf Rp217 Triliun)

Sebelumnya Pemerintah menilai potensi wakaf di Indonesia masih cukup besar. Tercatat potensi wakaf secara nasional senilai Rp 217 triliun atau setara 3,4% dari produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, potensi tersebut berasal dari 74 juta kelas menengah yang dananya bisa mencapai Rp217 triliun.



Dirinya pun mengajak seluruh masyarakat untuk memulai melakukan gerakan wakaf, salah satunya melalui instrumen surat surat berharga negara syariah (SBSN) atau sukuk. Sedangkan Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin mengaku sedang menyiapkan Gerakan Nasional Wakaf Tunai (GNWT), dimana nantinya akan menjadi dana abadi umat. Rencana tersebut diterangkan sudah mendapatkan persetujuan dari Presiden.
(akr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top