Riset Membuktikan: Hanya Tersisa 38% Pekerja Masih Bahagia

Jum'at, 30 Oktober 2020 - 23:09 WIB
loading...
Riset Membuktikan: Hanya Tersisa 38% Pekerja Masih Bahagia
Sebuah survei dilakukan JobStreet dengan lebih dari 5.000 responden di Indonesia. Hasil riset menunjukkan hanya 38% pekerja yang masih merasa bahagia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Sebuah survei dilakukan JobStreet dengan lebih dari 5.000 responden di Indonesia. Hasil riset menunjukkan hanya 38% pekerja yang masih merasa bahagia. Sedangkan sebelum terjadi pandemi , sebesar 93% responden yang merasa bahagia dengan kualitas hidup mereka.

Salah satu penyebab menurunnya angka kebahagiaan adalah dampak pandemi terhadap pekerjaan. 35% responden telah diberhentikan secara permanen dari pekerjaan mereka dan 19% tidak bekerja untuk sementara waktu. Bagi yang masih bekerja, 34% tidak mendapat bonus; 31% menghadapi pengurangan gaji; dan 29% responden menghadapi kemunduran dalam kenaikan gaji.

"Menurut survei JobStreet, 89% karyawan merasa bahagia dengan pekerjaan mereka sebelum terjadinya pandemi. Namun, sekarang hanya 49% yang masih merasa bahagia dengan pekerjaannya," ujar Country Manager JobStreet Indonesia, Faridah Lim di Jakarta, Jumat (30/10/2020).

(Baca Juga: BPS Mengungkap, Pemotongan 30% Gaji Bikin Pekerja Tak Bahagia )

Pihaknya memahami tantangan yang dihadapi masyarakat Indonesia di masa pandemi ini. Banyak orang kehilangan pekerjaan dan banyak juga yang penghasilan per bulannya terdampak oleh situasi saat ini. "Kami ingin membantu masyarakat Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan yang terbaik dan yang bisa mereka nikmati agar kembali merasa bahagia,” ujarnya.

Dia mengakui, tidak mudah bagi mereka yang pekerjaannya terdampak oleh pandemi untuk bisa terus memiliki sikap yang positif. Tapi cobalah untuk mempertahankan sikap positif.

Bagi mereka yang kehilangan pekerjaan, sikap positif dapat membantu mengendalikan emosi dengan lebih baik serta membantu untuk bangkit kembali setelah penolakan saat melamar pekerjaan baru. Bagi yang saat ini diharuskan bekerja di rumah, mempertahankan sikap positif dapat membantu kamu untuk tetap produktif dan mencegah kamu dari merasakan tekanan berlebihan.

“Bagi kamu yang menghadapi kesulitan dalam pekerjaan sekarang, ataupun sedang mencari pekerjaan, bertahanlah dan terus jaga sikap yang positif. Apapun yang kamu lakukan dapat menjadi lebih baik dengan sikap yang positif. Teruslah produktif dan bersyukur untuk kesempatan yang kamu dapatkan setiap harinya. Hasil terbaik niscaya kamu dapatkan,” ujar Faridah.

(Baca Juga: Heran UU Cipta Kerja Ditentang, Moeldoko: Mau Diajak Bahagia Susah Amat! )

Menurut Psikolog Theresia Ceti Prameswari terdapat empat bagian yang perlu disiapkan dalam diri kita saat bekerja atau mencari kerja yaitu; Body (tubuh) dengan siapkan fisik kamu untuk melakukan aktivitas bekerja. Berikutnya Mind (pikiran) dengan meyiapkan pikiran untuk bekerja sesuai kapabilitas dan kompetensi.

Kemudian Heart dengan menyiapkan hati untuk bekerja di tempat yang menghargai. "Terakhir Soul dengan siapkan jiwa kamu dalam mencari makna dari pekerjaan yang kamu lakukan," ujar Theresia.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8574 seconds (0.1#10.140)