Waspada! Musim Hujan Bikin Harga Sayur Meroket

Senin, 02 November 2020 - 21:04 WIB
loading...
Waspada! Musim Hujan Bikin Harga Sayur Meroket
edagang sayuran melayani pembeli di Pasar Tradisional Kecapi, Pondok Melati, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (2/10/2020). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) meminta pemerintah mewaspadai lonjakan harga sayur mayur akibat terdampak cuaca buruk di sejumlah daerah. Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, musim hujan berpotensi membuat lonjakan harga sayuran menyusul meroketnya cabai merah dan bawang merah.

"Untuk beras nampaknya aman sampai akhir tahun, tapi untuk sayuran kalau kita tidak hati-hati bisa mengalami fluktuasi seperti yang terjadi pada bulan ini, yakni cabai merah dan bawang merah itu makanya kita ingatkan," ujar Suhariyanto dalam video virtual, Senin (2/11/2020).



Menurut dia kenaikan harga pada cabai merah dan bawang merah tersebut disebabkan cuaca yang tidak bersahabat. Adapun harga cabai naik di 82 kota. "Jadi di sana curah hujan yang tinggi berdampak pada produksi dan kualitas cabai merah. Hal yang sama juga terjadi pada bawang merah," tuturnya.

Saat ini, Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) Umum Nasional naik sebesar 0,20% terhadap September 2020. Kenaikan IHPB tertinggi terjadi pada sektor Pertanian sebesar 0,46%. Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga pada Oktober 2020 antara lain cabai merah, bawang merah, kelapa sawit, kelapa, daun bawang, minyak goreng, dan besi beton. Perubahan IHPB di tahun kalender 2020 adalah sebesar 0,80% dan perubahan IHPB tahun ke tahun sebesar 1,39%.



IHPB Bahan Bangunan/Konstruksi pada Oktober 2020 naik sebesar 0,21% terhadap bulan sebelumnya, antara lain disebabkan oleh kenaikan harga komoditas besi beton, pipa PVC, lantai, batu bata, dan batu pondasi bangunan.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2055 seconds (0.1#10.140)