Kredit Bank BUMN dari Dana PEN Tumbuh Pesat, Tapi BPD Masih Seret

Selasa, 03 November 2020 - 19:26 WIB
loading...
Kredit Bank BUMN dari Dana PEN Tumbuh Pesat, Tapi BPD Masih Seret
Penyaluran kredit BPD dari penempatan dana pemerintah masih seret. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat penempatan dana pemerintah melalui program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang dilakukan himpunan bank milik negara telah melebihi target. OJK melaporkan penempatan dana pemerintah ke Bank Himbara sebesar Rp47,5 triliun mampu menghasilkan penyaluran kredit mencapai Rp166,39 triliun.

"Bank Himbara menerima penempatan dana sebesar Rp47,5 triliun yang telah mendorong penyaluran kredit sebesar Rp166,39 triliun," ujar Ketua OJK Wimboh Santoso melalui keterangan resminya, Selasa (3/11/2020).


Namun, kondisi sebaliknya terjadi di Bank Pembangunan Daerah dan Bank Syariah yang belum menghasilkan progres memuaskan. Bank Pembangunan Daerah telah menerima penempatan dana sebesar Rp14 triliun hanya mampu mendorong penyaluran kredit sebesar Rp17,39 triliun dan Bank Syariah mendapatkan penempatan dana sebesar Rp3 triliun yang disalurkan dalam bentuk kredit sebesar Rp1,7 triliun.

"OJK akan terus mendorong penyaluran kredit dari penempatan dana Pemerintah," katanya. Tidak hanya itu, Wimboh akan terus melakukan monitoring atas realisasi implementasinya yang sejauh ini telah berjalan lancar.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3385 seconds (0.1#10.140)