Tarif Tol Naik Saat Pandemi, Pengamat: Pertimbangkan Psikologis Masyarakat

Rabu, 04 November 2020 - 16:39 WIB
loading...
Tarif Tol Naik Saat Pandemi, Pengamat: Pertimbangkan Psikologis Masyarakat
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Di tengah pandemi Covid-19 , sembilan ruas jalan tol di Jabodetabek akan mengalami kenaikan tarif. Selain itu, dua jalan tol, yaitu Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jakarta-Cikampek II Elevated akan dilakukan integrasi tarif.

Adapun ruas tol yang bakal dikenakan penyesuaian tarif ialah Penjaringan-Kebon Jeruk, Ulujami-Pondok Pinang, Kebon Jeruk-Ulujami, Pondok Pinang-Taman Mini, Taman Mini-Cikunir, Cakung-Rorotan, Cikunir-Cakung, Akses Tanjung Priok (Rorotan-Kebun Bawang) dan Jalan Tol Pondok Aren-Ulujami.

Pengamat Transportasi, Djoko Setijowarno mengatakan, kenaikan tarif memang sesuai amanah Undang-Undang (UU) Jalan dan juga di PP, dimana kenaikan tarif dilakukan dalam dua tahun sekali.

( )

Tujuan dari aturan itu untuk menarik investor karena jika tidak ada jaminan tarifnya naik maka investor juga tidak bisa memprediksi kapan akan dia lepas investasinya tersebut, yang berarti konsesinya akan hilang karena dalam kurun waktu tertentu jalan tol itu sudah dikembalikan kepada negara.

"Kenaikan ini memang tidak serta merta naik, tentunya harus melalui satu proses, ada mekanismenya. Jalan tol itu ada SPM (Standar Pelayanan Minimum) dari segi keamanan, kenyamanan, dan sebagainya dinilai oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Jika itu sesuai SPM maka berhak dapat kenaikan (tarif) dan jika tidak memenuhi syarat maka tidak akan naik," ujar Djoko dalam acara Market Review IDX Channel, Rabu (4/11/2020).

Dengan kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia dan membuat perekonomian melambat, Djoko menyebut hal ini akan menjadi bahan pertimbangan untuk naik atau tidaknya tarif tol.

( )

"Saat ini kan bukan hanya Indonesia tapi dunia juga sedang dalam masa pandemi, ekonominya agak melambat. Jadinya ini bisa jadi bahan pertimbangan naik atau tidak atau ditunda, atau mungkin ada klasifikasi lainnya sehingga kalau langsung naik masyarakat belum bisa menerima semua. Saya pikir kondisi psikologis masyarakat juga harus dilihat," ucapnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1769 seconds (0.1#10.140)