Pintu Penyelamat Resesi Ekonomi, Ceburin UMKM ke Digital

Kamis, 05 November 2020 - 16:38 WIB
loading...
Pintu Penyelamat Resesi Ekonomi, Ceburin UMKM ke Digital
UMKM diyakini bisa menjadi penyelamat dari resesi ekonomi yang telah menggelayuti Indonesia saat ekonomi kuartal III tumbuh minus 3,49% namun dengan catatan digitalisasi dilakukan secara penuh. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - UMKM diyakini bisa menjadi penyelamat dari resesi ekonomi yang telah menggelayuti Indonesia saat ekonomi kuartal III tumbuh minus 3,49%. Dengan catatan, digitalisasi UMKM tidak setengah-tengah untuk bisa memberikan dorongan bagi perekonomian nasional.

(Baca Juga: Pelaku UMKM Wajib Merangkul Teknologi Agar Tidak Lenyap Ditelan Resesi )

Indonesia telah resmi mengalami resesi pada tahun ini, setelah dua kuartal beruntun ekonominya tumbuh minus. Selain digitalisasi UMKM , tentu saja pengendalian pandemi adalah kunci untuk memulihkan ekonomi.

Pengamat Ekonomi Eko Listiyanto menerangkan, dari berbagai macam krisis yang pernah terjadi di Indonesia sektor UMKM merupakan sektor adaptif dan menjadi pintu penyelamat dari berlanjutnya resesi.

"Saya punya keyakinan kalau kita bisa menyelamatkan UMKM. Jika UMKM nya di dorong full untuk go digital pasti akan terakselerasi ekonomi kita. Karena saat ini baru 13% UMKM yang go digital," beber dia saat webinar di Jakarta, Kamis (5/11/2020).

(Baca Juga: Akankah Resesi Berlanjut ke Depresi Ekonomi? Ini Kata Ekonom )

Eko menuturkan, dengan memanfaatkan ekonomi digital. maka transformasi ekonomi menuju ekonomi yang produktif dan bernilai tinggi akan tercapai. Lebih lanjut Ia menerangkan, strategi selamatkan rakyat terlebih dahulu adalah cara terbaik untuk bisa membuat ekonomi menjadi optimistis.

Di sisi lain kecepatan dan kedisplinan implementasi stimulus pemerintah sangat diperlukan. "Kedisplinan masyarakat untuk memastikan penerapan protokol kesehatan memang merupakan salah satu kunci membuat pemulihan ekonomi nasional bisa optimal," kata Eko
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1560 seconds (0.1#10.140)