Bisnis Showbiz Dihajar Pandemi, Banting Setir Jualan Ikan

Jum'at, 06 November 2020 - 09:53 WIB
loading...
Bisnis Showbiz Dihajar Pandemi, Banting Setir Jualan Ikan
Risqi harus banting setir dari bisnis Showbiz yang selalu aktif mengadakan Event Musik besar di Jakarta menjadi penjual ikan dan sayuran. Foto/Dok
A A A

JAKARTA-Di masa pandemi Covid-19 ini,bila ingin membuka usaha dibutuhkan kreativitas dan inovasi agar kita bisa tetap bertahan dan berkembang. Seperti kata pepatah “Dimana ada kemauan pasti ada jalan”.

Hal ini yang dilakukan Muhammad Risqi selaku Pendiri “Tsukiji Mart” yang berlokasi di Jalan Jagakarsa 18 A-B Jakarta Selatan yaitu tempat berbelanja ikan segar dengan modern yang mirip di Tsukiji Fish Market yang ada di Jepang. Pria yang akrab dipanggil “ Baba “ berusia 38 tahun ini harus banting setir dari bisnis Showbiz yang selalu aktif mengadakan Event Musik besar di Jakarta menjadi penjual ikan dan sayuran.

Risqi memilih bisnis menjual bahan pokok lantaran banyak pegawainya yang sudah diistirahatkan. Kini pria yang memiliki dua anak ini disibukkan dengan berjualan ikan , sayur dan buah-buahan. Setiap minggunya, dia begitu semangat mengejar target pesanan pelanggan yang sudah menumpuk. Dalam seminggu stok barang selalu banyak yang habis untuk kebutuhan pelanggannya.

Omzet yang dia dapat pun tak main-main. Setiap bulannya, Risqi mengungkapkan bisa meraup hingga ratusan juta rupiah. Namun, usaha ini tak didapatkan Risqi secara instan. Perjuangan Risqi dimulai sejak akhir Februari 2020, di saat pemerintah mengumumkan bahwa virus corona telah mewabah di Indonesia.

Di awal masa pandemi, Risqi sempat merasa harus melakukan suatu perubahan besar disaat Event Musik tidak boleh diadakan lantaran adanya PSBB yang saat ini terus berlangsung. Kondisi serupa seperti ini pernah pula terjadi di Thailand saat mengalami krisis dimana para banker membuka warung makan dipinggir jalanan, disaat situasi normal justru usaha baru ini menambah keuntungan selain pendapatan gaji bankers. “Hal itu yang menjadi inspirasi. Saya berharap tahun depan kondisi sudah kembali normal,” paparnya.
(Baca juga: Kiat Memulai Usaha, Pilih Bisnis yang Memberi Solusi)

Saat ini Risqi menikmati kesibukannya sebagai pedagang sayuran dan ikan. “Saya jadi mengenal macam-macam ikan dan sayuran. Sekarang Justru banyak tau isi dapur,” ucapnya. Bulan ini tepatnya 21 November merupakan Hari ikan Nasional, Tsukiji Mart yang digawangi oleh Risqi mengadakan promo diskon 21% untuk semua produk ikan, diharapkan angka jumlah konsumsi ikan terhadap masyarakat indonesia meningkat kecerdasan dan melahirkan generasi baru yang dapat bersaing dengan negara lain..aamiin
(tim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1423 seconds (0.1#10.140)