5 Tantangan Ekonomi Hadang Biden Usai Terpilih Jadi Presiden AS

Minggu, 08 November 2020 - 09:12 WIB
loading...
A A A
Biden mendukung gagasan tarif lain, dia berencana mengenakan biaya tambahan kepada negara-negara yang tidak memenuhi kewajiban iklim dan lingkungan.

Seperti Trump, dia berjanji akan menghidupkan kembali manufaktur Amerika, dengan pendekatan "Buy American" yang lebih kuat untuk pengeluaran pemerintah. Meskipun itu akan bertentangan dengan aturan perdagangan internasional.

5. Apakah Biden akan menindak raksasa teknologi AS?

Perusahaan raksasa teknologi AS, seperti Google, Amazon, Apple dan Facebook tengah berada di bawah pengawasan ketat di seluruh dunia, atas posisi mereka yang mendominasi pasar bisnis online. Di AS sendiri, mereka juga diawasi dengan ketat terkait persaingan dan privasi konsumen.

Biden mendukung langkah pembubaran perusahaan sebagai ‘upaya terakhir’. Dirinya sempat mengkritik Facebook dan lainnya karena dinilai lemah dalam mengawasi disinformasi.

Dia menyatakan akan mendukung pencabutan undang-undang AS yang selama ini melindungi perusahaan teknologi dari tanggung jawab atas konten di platform mereka.

Biden dan wakil presidennya Kamala Harris, akan memiliki kekuatan besar untuk melakukan penyelidikan persaingan, menegakkan privasi, dan dapat memutuskan apakah akan mengikuti atau justru menentang tindakan internasional. Seperti yang dilakukan Inggris, Korea Selatan, Italia dan lainnya yang ingin mengenakan lebih banyak pajak untuk raksasa teknologi.

Simak Video:

(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1858 seconds (0.1#10.140)