Jumlah Penduduk Bertambah, Sektor Pertanian Kian Penting

Senin, 09 November 2020 - 13:05 WIB
loading...
Jumlah Penduduk Bertambah, Sektor Pertanian Kian Penting
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mencoba alat mesin pemanen padi combine harvester saat panen raya di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, belum lama ini.. (Foto: Humas Kementan)
A A A
JAKARTA - Pertumbuhan penduduk yang terlalu cepat harus diiringi dengan pertumbuhan kecukupan pangan. Struktur umur penduduk yang saat ini didominasi penduduk usia produktif harus dibarengi oleh kebutuhan pangan yang juga bertambah besar.

(Baca juga:Urgensi Regenerasi Sektor Pertanian)

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, sektor pertanian menjadi penting dan menjadi solusi utama dalam menghadapi pertambahan penduduk. Untuk itu, pembangunan sektor pertanian perlu perhatian khusus agar mampu menyediakan pangan secara nasional bahkan dunia.

(Baca juga:Agro Industri Bagian Penting Kekuatan Pertanian)

"Pertanian menjadi penting dan pertanian jadi solusi utama bagi penduduk. Kenapa? Karena pertanian membuka lapangan kerja kemudian mendapatkan hasil yang langsung dirasakan. Pertanian mampu memutar ekonomi daerah," ujarnya dalam webinar Ketahanan dan Swasembada Pangan Indonesia 2045, Senin (9/11/2020).

(Baca juga:Ekonomi Nasional Minus, Sektor Pertanian Tumbuh 2,15 Persen)

Menurut dia, pertanian menjadi tanggung jawab semua pihak mulai dari gubernur, bupati, hingga pemangku kepentingan. Semua pihak wajib memajukan pertanian demi ketahanan pangan.

"Indonesia berpotensi besar untuk mewujudkan kedaulatan pangan. Kita punya sumber daya alam yang menjanjikan untuk digarap. Langkah selanjutnya intervensi apa yang harus dilakukan agar mampu mewujudkan ketahanan pangan," tuturnya.

(Baca juga:Bibit Jagung Unggulan Bantu Jaga Ketahanan Pangan Nasional)

Syahrul melanjutkan, Kementerian Pertanian (Kementan) memiliki tiga pendekatan yang dilakukan untuk mewujudkan ketahanan pangan, yaitu maju, mandiri, dan modern.

(Baca juga:Ketahanan Pangan, Majelis Adat Keraton Siapkan Lahan 142.000 Hektare)

"Maju dan mandiri adalah upaya bersama untuk mewujudkan produktivitas pertanian. Modern adalah langkah yang harus dilakukan karena pertanian harus masuk dengan pendekatan baru," tandasnya. oktiani endarwati
(dar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1702 seconds (0.1#10.140)