Hampir 61 Juta Siswa, 3,5 Juta Guru dan 285 Ribu Dosen Sudah Dapat Subsidi Internet

Kamis, 12 November 2020 - 05:28 WIB
loading...
Hampir 61 Juta Siswa, 3,5 Juta Guru dan 285 Ribu Dosen Sudah Dapat Subsidi Internet
Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat 61 juta siswa sudah mendapatkan subsidi kuota internet. Hal ini berdasarkan program pemulihan ekonomi nasional. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat 61 juta siswa sudah mendapatkan subsidi kuota internet . Hal ini berdasarkan program pemulihan ekonomi nasional.

Rinciannya, subsidi kuota internet kepada 51 juta siswa, 9,96 juta murid pesantren dan madrasah hingga 5,3 juta mahasiswa. Selain itu, 1,12 juta mahasiswa di lingkungan Kementerian Agama juga masuk dalam penerima bantuan

"Jadi hampir 61 juta siswa kita, murid-murid lalu anak-anak yang terkoneksi internet untuk mendapatkan subsidi internet. Supaya mereka tetap belajar," kata Menkeu Sri Mulyani dalam video virtual.

(Baca Juga: Dua Hal Penting untuk Ekonomi Digital, Menkeu: Kalau Tidak Banyak Jadi Korban )

Sambung dia, bantuan juga diberikan kepada tenaga pengajar. Adapun sebanyak 3,5 juta guru dan 285 ribu dosen mendapatkan subsidi kuota internet untuk memberikan pembelajaran melalui internet.

"Ini adalah bagian dari program penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi yang bisa menjadi opportunity (pengembangan ekonomi digital)," katanya.

(Baca Juga: Potensi Ekonomi Digital RI Bisa Naik Berlipat-lipat, Sri Mulyani: Jangan Lagi Ada 3T )

Saat ini, pengembangan ekonomi digital masih menghadapi tantangan. Salah satunya keterbatasan infrastruktur yang masih harus terus diperbaiki.

Hal ini tergambarkan dari data yang menunjukkan, 12 ribu desa belum terkoneksi internet. "Pemerintah juga menganggarkan Rp 413 triliun untuk infrastruktur, plus khusus TIK sebesar Rp 30 triliun," bebernya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)