Era Society 5.0? Apa bedanya dengan Industry 4.0?, Cek Live Virtual 360° IDStar Group

Sabtu, 14 November 2020 - 04:19 WIB
loading...
Era Society 5.0? Apa bedanya dengan Industry 4.0?, Cek Live Virtual 360° IDStar Group
Saat ini, mungkin sebagian dari kita sudah tidak asing lagi dengan Revolusi Industri 4.0, Lalu, bagaimana dengan Society 5.0? Mau tau cek aja Big Virtual Event Moving Towards Society 5.0. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Saat ini, mungkin sebagian dari kita sudah tidak asing lagi dengan Revolusi Industri 4.0 yang berawal dari konsep Industri era digital/era teknologi informasi dan komunikasi di Jerman dengan 6 pilar utama yaitu masyarakat digital, energi berkelanjutan, mobilitas cerdas, hidup sehat, keamanan sipil, dan teknologi di tempat kerja.

Negara kita, Indonesia juga sudah menerapkan Industri 4.0 tersebut. Konsep Revolusi Industri 4.0 menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence) dalam penerapannya.

(Baca Juga: Adaptasi atau Mati! Transformasi Digital Jadi Keharusan di Dunia Bisnis )

Lalu, bagaimana dengan Society 5.0? Society 5.0 adalah revolusi industri yang dirumuskan oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada bulan Maret 2017 di pameran CeBIT, Hannover, Jerman (sumber: Cao.go.jp) untuk menangani segala permasalahan yang terjadi di Jepang dan baru diresmikan pada 21 Januari 2019.

Dimana pada saat itu Jepang sedang mengalami sebuah tantangan berkurangnya populasi yang membuat penduduk/pekerja usia produktif berkurang, sehingga Jepang berusaha memperbaiki kondisi tersebut dengan menerapkan Society 5.0.

Society 5.0 sendiri menjadi sebuah “solusi” dari Revolusi Industri 4.0, dimana banyak masyarakat beranggapan bahwa Industri 4.0 akan menggunakan mesin-mesin berteknologi canggih yang akan menekan jumlah pekerjaan yang dilakukan oleh tenaga manusia. Dimana Society 5.0 ini diharapkan dapat menciptakan nilai yang baru melalui perkembangan teknologi canggih dapat mengurangi adanya kesenjangan antara manusia dengan masalah ekonomi kedepannya.

IDStar Group yang merupakan salah satu perusahaan bergerak dalam bidang teknologi khususnya IT tentunya sangat mendukung industri teknologi Indonesia di era digital Society 5.0. Maka dari itu, IDStar Group mengadakan Big Virtual Event yaitu “Moving Towards Society 5.0”.

(Baca Juga: RI Bikin Keok India, Filipina dan Vietnam Soal Kinerja Industri Paling Kompetitif )

Event ini berlangsung selama 3 hari (9-11 November 2020) dan dihadiri oleh Muhammad Neil El Himam (Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif), Armand Wahyudi Hartono (Vice President Director BCA), dan Erwin Muniruzaman (SVP - Head of HR Operation Indosat) sebagai pembicara.

Acara ini menggunakan platform virtual 360° exhibition yang memberikan sebuah experience baru bagi semua peserta, karena semua peserta dapat melihat-lihat dan mengunjungi booth-booth company yang telah tersedia. Acara ini berlangsung selama 3 hari LIVE via Zoom dan YouTube yang membahas Society 5.0 dari sudut pandang Technology, Human and Marketing.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1960 seconds (0.1#10.140)