Jelang KTT G20, Arab Saudi Siapkan Fasilitas Canggih dan Mewah untuk Delegasi

loading...
Jelang KTT G20, Arab Saudi Siapkan Fasilitas Canggih dan Mewah untuk Delegasi
Ilustrasi kota Riyadh, Arab Saudi. Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - Arab Saudi akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) negara-negara kelompok 20 ekonomi utama (G20) secara virtual pada 21-22 November 2020. Menjelang penyelenggaraan, sejumlah fasilitas lengkap dan mewah dirampungkan untuk menyiarkan KTT G20 ke seluruh dunia.

Pusat Media Internasional (IMC) telah didirikan di Crowne Plaza Riyadh RDC Hotel & Convention di Ibu Kota Riyadh. Menteri Perdagangan dan Perindustrian Arab Saudi, Majid bin Abdullah Al-Qassabi mengatakan bahwa pihak kerajaan menyambut kehadiran media secara fisik di KTT tersebut.

“Kerajaan telah membuka hatinya sebelum membuka pintunya ke media, dan kami siap menyambut kehadiran media secara fisik dengan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Majid dikutip dari Arab News pada Kamis (19/11/2020).

(Baca juga: Instruksi Prokes, Mendagri Ingatkan Kepala Daerah Bisa Diberhentikan)



IMC siap menampung maksimal 200 delegasi media, dengan fasilitas ruang kerja yang lengkap, ruang briefing hingga ruang wawancara. Fasilitas layanan gratis untuk satelit, fiber, dan distribusi digital telah disiapkan untuk siaran langsung KTT G20, dilengkapi studio TV dan ruang pengeditan dari tanggal 15-22 November.

Sebagai tuan rumah, Arab Saudi menyiapkan studio berteknologi tinggi yang menampung kamera, sistem suara, dan pencahayaan terbaru yang dapat digunakan oleh platform media secara gratis. Ada juga ruang penerjemahan dan interpretasi lengkap yang dapat menerjemahkan lebih dari 20 bahasa.

Tema dekoratif dengan sentuhan modern dipenuhi dengan foto-foto landmark Saudi terbaik dari semua wilayah kerajaan. Seluruh area hampir dipenuhi dengan gambar Sadu, sulaman tradisional yang mencerminkan budaya dan identitas Saudi. Sadu juga menjadi logo presidensi G20 Saudi tahun ini.



(baca juga: Pertama Kali, Trump akan Ikuti KTT APEC Pekan Ini)

Dalam KTT tersebut akan dibahas berbagai topik seperti pertanian, ekonomi digital, energi, lingkungan, lapangan kerja, keuangan, kesehatan, pariwisata, serta perdagangan.

Pertemuan ini untuk mempertajam diskusi sebelumnya, dan akhirnya menjadi kebijakan dan dideklarasikan dalam pertemuan akhir para pemimpin G20.
(ind)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top