Gubernur BI Proyeksi Ekonomi Kuartal IV 2020 Bakal Positif

Kamis, 19 November 2020 - 21:39 WIB
loading...
Gubernur BI Proyeksi Ekonomi Kuartal IV 2020 Bakal Positif
Gubernur BI Perry Warjiyo memproyeksikan pertumbuhan ekonomi pada kuartal keempat akan positif dimana beberapa indikator yang terpantau mengalami perbaikan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi pada kuartal keempat akan positif. Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, beberapa indikator yang terpantau mengalami perbaikan tersebut di antaranya mobilitas masyarakat, penjualan eceran atau ritel, indeks manufaktur, hingga pendapatan masyarakat yang mulai meningkat.

"Kami perkirakan Insyallah di triwulan IV pertumbuhan PDB akan mulai positif dan terus meningkat di 2021," ujar Perry saat video virtual di Jakarta, Kamis (19/11/2020).

(Baca Juga: Bos BI Bilang Ekonomi RI Mulai Pulih, Nih Tanda-tandanya )

Kata dia, ketahanan sistem keuangan tetap terjaga, meskipun risiko dari berlanjutnya dampak Covid-19 terhadap stabilitas sistem keuangan terus dicermati. Rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) perbankan triwulan III 2020 tetap tinggi yakni 23,41%, dan rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) tetap rendah yakni 3,15% (bruto) dan 1,07% (neto).

"Namun demikian, fungsi intermediasi dari sektor keuangan masih lemah sejalan dengan permintaan domestik yang belum kuat dan kehati-hatian perbankan akibat berlanjutnya pandemi Covid-19," katanya.

(Baca Juga: Bos BI Optimis Aliran Modal Asing Deras, Ini Alasannya )

Saat ini, Bank Indonesia akan melanjutkan kebijakan makroprudensial akomodatif, dengan senantiasa memperkuat sinergi dan koordinasi kebijakan dengan Pemerintah dan otoritas keuangan lainnya, untuk mendorong pemulihan kinerja intermediasi perbankan dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1519 seconds (0.1#10.140)