Kemenhub Tegaskan Protokol Kesehatan di KRL Tetap Berjalan

Jum'at, 20 November 2020 - 23:13 WIB
loading...
Kemenhub Tegaskan Protokol Kesehatan di KRL Tetap Berjalan
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, protokol kesehatan pada angkutan kereta commuter Jabodetabek tetap berjalan seperti biasa. Dia menegaskan belum ada perubahan aturan sebagaimana ditegaskan dalam Surat Edaran Menhub tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Transportasi pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Tetap masih berjalan seperti biasa dan belum dicabut. Jadi di dalam surat edaran itu ada kewajiban pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan,” ujarnya dihubungi di Jakarta, Jumat (20/11/2020). ( Baca juga:Selain Tol, Pelabuhan Patimban Juga Akan Ditopang Jalur Kereta Api )

Dia menyebutkan di sektor perkeretaapian pembatasan kapasitas juga tetap dilakukan dengan kapasitas maksimal 65%. “Kalau di angkutan commuter tetap di kapasitas 65%. Bahkan saya dengar KCI mengusahakan di persentase 45%,” ujarnya.

Sementara, pengawasan protokol kesehatan dilakukan operator. Sedangkan pengawasan jalannya surat edaran dilakukan regulator, dalam hal ini Direktorat Jenderal Perkeretaapian. “Kalau pengawasan surat edaran ada di regulator dalam hal ini Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub. DI SE itu juga diatur mengenai sanksi,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Supandi mengatakan, aturan mengenai protokol kesehatan menjadi kontrol operator. Untuk kereta KRL dilakukan oleh PT KCI. “Masih tetap berjalan. Cuma memang yang masalah itu di stasiun antara, selepas stasiun utama seperti stasiun Bogor, Depok, Kota Cikarang, dan Bekasi,” ucap dia. ( Baca juga:Hebat! Tanpa Diperiksa LAPAN Tahu Detail Meteor yang Jatuh di Medan )

Dia menambahkan, mengenai kendornya pengawasan protokol kesehatan akan terus dilakukan dengan meningkatkan kesadaran masyarakat melalui sosialisasi protokol kesehatan Covid-19. “Yang jelas kita terus sosialisasi, agar kesadaran masyarakat terus bisa muncul terutama untuk protokol dasar, seperti jaga jarak dan pakai masker juga cuci tangan,” pungkasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0793 seconds (0.1#10.140)