Menguasai Digital Marketing Upaya UMKM Beradaptasi di Masa Krisis

Jum'at, 20 November 2020 - 23:23 WIB
loading...
A A A
Pergeseran transaksi ke jalur digital ini terjadi baik di sisi penjual maupun konsumen. Aquarius berharap fitur-fitur online di mandiri bisa dimanfaakan para pebisnis, termasuk pinjaman yang bisa diajukan secara online. “Kalau mau pinjam 100 juta, di Mandiri dalam waktu maksimal 15 menit bisa disetujui,” kata Aquarius menjelaskan tenang program Pinjaman Tanpa Ribet atau PINTAR.

Tips dari Praktisi

Dalam webinar tersebut, Digital Creator Ndorokakung mengatakan media sosial merupakan sumber informasi utama bagi warga +62, sehingga sangat bisa dimanfaatkan untuk berjualan. “Media sosial mampu memberikan data tentang perilaku konsumen, ini penting bagi sebuah brand,” tambahnya.

Selain itu media sosial sangat ramah bagi pebisnis. Meski demikian perlu strategi jitu untuk memanfaatkan media sosial dalam marketing.

Pertama memastikan tujuan yang ingin dicapai saat menggunakan media sosial sebagai sarana marketing. Ingin meningkatkan brand awareness, mendongkrak sales, mencari lead, atau ada tujuan lain yang ingin dicapai.

Selanjutnya perlu menetapkan target pasar. Dari kalangan mana saja? Usia, jenis kelamin, di perkotaan atau pedesaan, kelompok pesepeda atau pengguna mobil ? Target pasar yang jelas akan menentunkan konten yang cocok untuk disajikan kepada target market.

Startegi berikutnya mementukan jenis media sosial yang digunakan, disesuaikan dengan brand dari barang yang ingin dijual. jenisnya maka brand harus memilih sesuai dengan barang jual. Seperti Tik Tok cocok digunakan untuk memasarkan brand atau produk yang menyasar anak muda, gen Z.

Sedangkan untuk konten, salah satu tipsnya harus dibuat untuk bisa menjawab kebutuhan konsumen. Konten pun harus mudah diakses. Semakin mudah diakses, akan mudah disebarkan sehingga mudah pula meningkatkan engagement. Ndorokakung juga memberi tips untuk memanfaatkan influencer.

Elemen influencer dimanfaatkan dengan maksimal oleh aktor Ben Joshua, yang kini juga terjun menjadi pebisnis kuliner. Ben memulai bisnisnya dengan memberi merek sambal yang dijual sesuai namanya, Ben Cabe. Ben mengakui nama itu mampu mendongkrak penjualan.

Sementara itu Daniel Minardi, Head of Brand Management and Digital Product Sohpee Indonesia mengatakan penting bagi para penjual menjelaskan secara detail produknya untuk membangun kepercayaan konsumen. “Ketika pembeli membaca, oh ini ternyata produknya seperti ini, dan ketika produk ini diterima, dan sesuai maka ini akan meningkatkan kepercayaan,” ujar Daniel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1022 seconds (0.1#10.140)