Estafet Posisi Pemimpin G20 Dilempar ke Italia, Arab Saudi Tetap Pegang Kunci

Senin, 23 November 2020 - 08:48 WIB
loading...
Estafet Posisi Pemimpin G20 Dilempar ke Italia, Arab Saudi Tetap Pegang Kunci
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud menyerahkan posisi pemimpin G20 ke Italia, namun Saudi akan terus memainkan peran kunci dalam G20 untuk mencapai kerjasama global dan menemukan solusi. Foto/Dok
A A A
RIYADH - Dengan berakhirnya G20 Riyadh Summit 2020 , berakhir pula masa kepemimpinan Arab Saudi atas para negara anggota G20. Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud kemudian menyerahkan posisi pemimpin G20 kepada Italia melalui Perdana Menteri (PM) Giuseppe Conte untuk memimpin G20 di tahun 2021.

"Sekarang, dengan senang hati saya menyerahkan kehormatan dan tanggung jawab Presidensi G20 2021 kepada Republik Italia, dengan penuh harapan kesuksesan bagi mereka," ucap Raja Salman dalam penutupan G20 Riyadh Summit di Riyadh, Minggu malam (22/11).

Dia menyampaikan, Arab Saudi siap memberikan dukungan dengan cara apa pun yang memungkinkan. (Baca Juga: Kepemimpinan Arab Saudi di G20, Raja Salman: Kami Berhasil Mengirim Pesan Harapan )

"Karena posisi Arab Saudi yang unik secara regional dan internasional, dan lokasi yang unik yang menghubungkan ketiga benua dan terletak di persimpangan pasar negara berkembang dan berkembang. Saudi akan terus memainkan peran kunci dalam G20 untuk mencapai kerjasama global dan menemukan solusi untuk tantangan dunia yang paling mendesak di abad ke-21, bekerja sama dengan mitra kami di G20 maupun negara lain," jelasnya.

Lebih lanjut Ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada para mitranya di Troika, Jepang dan Italia, yang telah membantu Arab Saudi mencapai programnya tahun ini. Dalam masa kepemimpinannya, G20 telah mencapai banyak hal tahun ini.

Pihaknya memegang teguh komitmen untuk terus bekerja sama untuk menghadapi tantangan pandemi COVID-19 demi melindungi kehidupan dan mata pencaharian, serta melindungi kelompok yang paling rentan. "Kami telah mengadopsi kebijakan penting yang akan mencapai pemulihan hingga ke ekonomi yang tangguh, berkelanjutan, inklusif, dan seimbang," tambahnya.

(Baca Juga: Pandemi Ujian Sejati, Raja Salman: Kita Beri Dukungan Sampai Semua Orang Aman )

Kebijakan tersebut, lanjut dia, juga akan menjaga momentum perdagangan global sistem bekerja untuk semua, dan menciptakan kondisi untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

"Yang terpenting, kami telah berhasil mengirimkan pesan harapan dan kepastian kepada warga kami dan semua orang di seluruh dunia melalui Final Communique dari Leaders' Summit ini. Dan merupakan kehormatan bagi saya untuk mengumumkan bahwa anggota G20 telah mengadopsi komunike ini. Inilah yang dunia harapkan dari kita," terang Raja Salman.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.6953 seconds (0.1#10.140)