Mulai dari Indomie hingga Kara, Produk RI Laris Manis di Festival Belanja Alibaba

Senin, 23 November 2020 - 17:04 WIB
loading...
Mulai dari Indomie hingga Kara, Produk RI Laris Manis di Festival Belanja Alibaba
Raksasa Startup asal China Alibaba. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Tahun ini, Festival Belanja Global 11.11 Alibaba kembali mencatatkan pendapatan yang mengesankan yaitu sebesar 498,2 miliar yuan China atau sekitar Rp107,7 triliun, dengan peningkatan 26% dibandingkan dengan tahun sebelumnya di periode yang sama.

Pada tahun ini, semakin banyak pula brand internasional yang debut di perhelatan terbesar rintisan Jack Ma tersebut, dengan diluncurkannya 2.600 brand internasional baru. Festival kali ini diikuti oleh 31.766 merchant lintas batas, jika dibandingkan dengan 22.000 merchant internasional dari 78 negara dan wilayah dari tahun sebelumnya.

Produk perawatan pribadi dan suplemen kesehatan adalah dua dari sejumlah jenis produk yang paling diminati pada Festival Belanja Global 11.11 Alibaba tahun ini, membentuk bagian besar dari produk internasional yang dibeli oleh konsumen asal China .

Sejumlah brand asal Indonesia juga merupakan kontributor utama atas tren festival ini. Brand perawatan pribadi dan suplemen kesehatan juga termasuk salah dua dari kategori top produk Indonesia yang dibeli konsumen China, hal ini menyoroti daya tarik unik produk Indonesia serta kemampuannya dalam memenuhi permintaan atas produk perawatan pribadi serta kesehatan dan nutrisi di konsumen China.

(Baca Juga : Tren Belanja Online di Masa Pandemi, 3 Situs E-Commerce Ini Paling Laris )

Brand perawatan rambut Ellips dan sarang burung walet Xiaoniao merupakan salah dua dari brand Indonesia yang paling diminati pada Festival 11.11 tahun ini, diikuti oleh brand Kara, Gemez, dan Tays Bakers. Selain itu, YOU C1000 dan Indomie juga termasuk dalam jajaran brand top pada festival tersebut.

Presiden Direktur PT Kino Indonesia, Tbk Harry Sanusi mengatakan terdapat peningkatan penjualan pada produk Ellips yakni brand vitamin rambut dari Kino.

“Memperluas target ke pasar global merupakan misi kami. Terlepas dari banyaknya tantangan yang kita semua hadapi di tahun ini, kami puas atas pertumbuhan yang kami alami pada 11.11 Global Shopping Festival Alibaba tahun ini,” kata Harry dalam keterangan rilisnya di Jakarta, Senin (23/11/2020)

Tmall Global, sebagai salah satu pintu masuk utama ke pasar China, menurut dia, memberikannya banyak manfaat dimana perseroan dapat mempertahankan dan meningkatkan performa di pasar China.

(Baca Juga : Catat Ya! Pemulihan Ekspor Jadi Kabar Baik, Tapi Konsumsi Belum Pulih )

“Dari insight ini, kami semakin percaya diri, bahwa inovasi-inovasi kami telah berhasil diterima dan mendapat kepercayaan di hati konsumen, bukan hanya di pasar Indonesia namun juga global. Bagi brand asal Indonesia yang merencanakan untuk meningkatkan peluangnya di pasar luar negeri, pasar China memiliki potensi yang tidak dapat diabaikan,” paparnya.

CEO Xiaoniao Boedi Mranata menambahkan perusahaan untuk pertama kalinya berpartisipasi pada Festival 11.11 di tahun ini, dan telah merasakan hasil yang memuaskan melalui pemanfaatan livestreaming.

“Berpartisipasi pada 11.11 Alibaba tahun ini merupakan strategi yang tepat bagi kami, setelah Xiaoniao menjadi brand sarang burung Indonesia pertama yang telah diluluskan oleh pemerintah China untuk export ke negara tirai bambu ini pada tahun 2011,” kata dia.
(her)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1621 seconds (10.101#12.26)