Kampus PNJ Galakkan Aktivitas Wisata Kampung Pulo Geulis Bogor

loading...
Kampus PNJ Galakkan Aktivitas Wisata Kampung Pulo Geulis Bogor
Kampus Politeknik Negeri Jakarta melalui Program Studi MICE ikut menggalakkan pariwisata di Kampung Pulo Geulis, Bogor. Foto/Ist
JAKARTA - Kampus Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) melalui Program Studi MICE ikut menggalakkan pariwisata di Kampung Pulo Geulis, Kelurahan Babakan Pasar Kota Bogor. Sebelum pandemi merebak, Kampung Pulo Geulis merupakan destinasi pariwisata lokal yang ditetapkan Pemerintah Kota Bogor sebagai desa tematik dengan banyak keunikan.

"Karenanya kita galakkan kembali pariwisata desa ini melalui edukasi pentingnya mengenali Covid-19 kepada masyarakat. Dan edukasi kita lakukan lewat gambar dan mewarnai karena inilah cara paling cepat cepat mengenali pencegahan dari Covid-19," kata Ketua Program Studi MICE Politeknik Negeri Jakarta Etty Khongrat, Selasa (24/11/2020).

(Baca Juga: Promosi dan Protokol Kesehatan Kunci Bangkitkan Pariwisata Indonesia)

Dia menjelaskan, fokus edukasi dilakukan tidak hanya kepada orang dewasa namun juga kepada anak-anak melalui media gambar dan mewarnai. "Melalui metode media gambar dan mewarnai inilah, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman anak-anak usia dini untuk dapat memahami bahaya covid-19 dan bagaimana mereka dapat mengatasinya dengan menjaga hidup bersih kemudian menularkannya ke teman keluarga hingga masyarakat kampung," ucapnya.



Kepala Lurah Babakan Pasar, Citra Widya Lestari, mengatakan destinasi Kampung Pulo Geulis diharapkan mampu bergeliat kembali dengan berbagai aktivitas yang dilakukan warga masyarakat. Menurut dia, pengenalan pencegahan covid melalui media gambar akan mampu diterapkan masyarakat lewat protokol kesehatan.

"Dengan begitu orang-orang dari luar kampung bisa datang dan mengunjungi kembali keunikan kampung atau Desa Pulo Geulis ini. Aktivitas sekecil apapun sangat apresias," ujarnya.

Pelaksanaan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh program studi MICE ini merupakan bagian dari elemen dalam Tridarma Perguruan Tinggi, dan merupakan wujud nyata dalam memberikan kontribusi langsung berupa edukasi kepada masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.



(Baca Juga: Promosi Pariwisata Indonesia Jalan Terus di Tengah Pandemi)

"Dengan terlaksananya Pengabdian Masyarakat Program studi MICE-PNJ di kampung pulo geulis, upaya percepatan aktivitas pariwisata juga dapat dilakukan setelah pandemic covid-19 di Indonesia mereda," pungkas Etty Khongrat.

Dari sisi lokasi, kampung tematik Pulo Geulis berdekatan dengan kawasan Terpadu Wisata Belanja dan Kuliner Suryakancana. Tempat ini juga punya pesona alam yang menarik karena membelah aliran sungai Ciliwung. Desa ini ditetapkan oleh pemerintah Kota Bogor sebagai kawasan wisata sejak 2019.
(fai)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top