Ma'ruf Amin Minta Fintech Syariah Lakukan Terobosan

Rabu, 25 November 2020 - 12:03 WIB
loading...
Maruf Amin Minta Fintech Syariah Lakukan Terobosan
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaik beberapa pandangan tentang industri financial technology (fintech) . Salah satunya adalah tentang inovasi fintech syariah di Tanah Air.

Menurut Ma'ruf, inovasi fintech syariah sangat penting karena menyangkut pemanfaatan fintech dalam aktivitas ekonomi dan keuangan syariah nasional. Apalagi, industri keuangan syariah memiliki pasar yang sangat besar.

"Dengan potensi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang sedemikian besar, maka diperlukan sarana teknologi keuangan serta proses digitalisasi transaksi yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah," ujarnya dalam acara Indonesia Fintech Summit, Rabu (25/11/2020).

Memang menurut Ma'ruf, saat ini sudah ada beberapa layanan fintech syariah yang diluncurkan oleh para pelaku usaha. Berbagai layanan fintech syariah juga telah tersedia baik itu pembayaran, pinjaman, maupun investasi yang berbasis syariah.( Baca juga:Aktivitas Warga Tak Lepas dari Lembaga Keuangan, Fungsi OJK Dirasakan Betul )

"Saya gembira karena hal ini telah direspons dengan baik oleh para pelaku fintech," ucapnya.

Menurut Ma'ruf, layanan ini selain mengikuti prinsip syariah juga cukup kompetitif. Layanan pembayaran yang disediakan fintech syariah juga termasuk layanan dalam penyaluran zakat, wakaf, infak, dan sedekah.

"Dalam bentuk yang lain, beberapa pelaku penyedia penjualan online juga membantu menyediakan fitur syariah untuk membantu masyarakat mencari produk-produk halal secara lebih mudah," jelasnya.

Selain itu, para pelaku fintech juga telah secara aktif terlibat dalam beberapa inisiatif. Termasuk juga dalam membantu pengembangan UMKM berbasis syariah dalam perluasan akses pasar, serta pengembangan kapasitas transaksi.

"Apa yang ditunjukkan oleh pelaku fintech tersebut dengan perkembangan dan inovasi produknya menjadi pendorong terhadap pengembangan ekonomi dan keuangan syariah sebagai salah satu pilar perekonomian nasional," jelasnya. ( Baca juga:Millen Cyrus Akhirnya Ditahan di Sel Khusus, Polisi: Kondisinya Baik-baik Saja )

Hal ini juga menjadi kabar gembira bagi perekonomian nasional. Karena melalui pemanfaatan fintech akan mendorong banyaknya masyarakat yang terlibat dalam aktivitas ekonomi.

"Melalui pemanfaatan fintech akan mendorong semakin banyak masyarakat terlibat dalam aktivitas ekonomi yang dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional," kata Ma'ruf.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)