Siasat Teten Bikin UMKM Tembus Pasar Dunia: Gandrungi Tren Custom Culture

loading...
Siasat Teten Bikin UMKM Tembus Pasar Dunia: Gandrungi Tren Custom Culture
MenKop UKM Teten Masduki menyoroti tren konsumsi baru yang bisa menjadi peluang bagi para pelaku UMKM. Pola tren konsumsi baru tersebut, yaitu custom culture. Foto/Dok
JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenKop UKM) Teten Masduki menyoroti tren konsumsi baru yang bisa menjadi peluang bagi para pelaku UMKM . Pola tren konsumsi baru tersebut, yaitu custom culture.

"Ini tren penting, bisa mendorong produk handmade kita tembus pasar dunia," ujar Teten dalam acara virtual Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) Bali 2020 di Jakarta, Kamis(26/11/2020).

(Baca Juga: Partisipasi UMKM ke Rantai Pasok Global Jadi PR Indonesia )

Dia menilai, custom culture adalah captive market yang berdaya saing tinggi. Tipe market seperti inilah yang harus digandrungi oleh UMKM saat ini.



"Saya berharap isu mass production sudah bukan lagi kendala bagi UMKM kita, ini saatnya. UMKM tidak bisa dibenturkan dengan perusahaan besar, harus cari captive market potensial," tegas Teten.

(Baca Juga: DPR Ungkap Banyak UMKM Abal-abal Terima BLT, Pemerintah Kudu Piye? )

Selain itu, dia juga berharap agar jejaring komunitas kreatif ICCF bisa mengambil peran aktif membantu UMKM agar hadir dalam ekonomi digital.



"Mari kita dampingi UMKM mulai dari daerah kabupaten dan kota masing-masing untuk mencari potensi pasar baru, menemukan model bisnis inovatif, dan kolaborasi menjadi elemen krusial yang harusnya menjadi keunggulan rekan jejaring ICCF," pungkas Teten.
(akr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top