Kehadiran Vaksin Covid-19 Makin Terang, Pasar Keuangan Tambah Semangat

Minggu, 29 November 2020 - 11:07 WIB
loading...
Kehadiran Vaksin Covid-19 Makin Terang, Pasar Keuangan Tambah Semangat
Pasar keuangan yakin hadirnya vaksin Covid-19 dalam waktu dekat akan mendorong pemulihan ekonomi. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pasar keuangan saat ini sangat optimis dengan skenario ketersediaan vaksin secara bertahap tahun depan. Pasar meyakini hadirnya vaksin akan membuat pemulihan perekonomian akan segera terjadi.

(Baca Juga: WHO Sebut Covid-19 Dapat Dikendalikan dengan Vaksin)

Direktur Investama Hans Kwee mengatakan, diawali Pfizer dan BioNTech yang menyatakan uji vaksin efektif 95% melawan virus corona. Kini Moderna juga mengklaim vaksin yang dikembangkan punya kemanjuran 94,5% untuk melawan Covid-19.

"Sesudah itu ada vaksin AstraZaneca dan Oxford asal Inggris yang merilis keberhasilan membuat vaksin dengan tingkat efektivitas 70% melawan Covid-19 sesudah uji fase ke-3. Kehadiran vaksin-vaksin ini membuat pasar saham sangat optimis bahwa pemulihan ekonomi akan segera terjadi," kata Hans Kwee di Jakarta, Minggu (29/10/2020).

Terlebih, vaksin AstraZeneca dan Oxford untuk virus Covid-19 disebut sebagai vaksin virus Covid-19 global karena diperkirakan berbiaya murah. Meski, vaksin AstraZeneca ini menghadapi tantangan setelah perusahaan merevisi efektivitas vaksinnya dari 90 % menjadi 70%.

"Ini dari hasil uji coba tahap akhir di Inggris dan Brasil. Ada kelompok kecil relawan secara tidak sengaja memperoleh dosis lebih rendah dan menghasilkan tingkat keberhasilan mencapai 90%," katanya.

(Baca Juga: BI: Pemulihan Ekonomi Global dan Domestik Berlanjut)

Pada kelompok yang lebih besar dengan dosis normal, tingkat efektivitas lebih rendah hanya 62%. Banyak ilmuwan mengatakan pengujian di kelompok kecil ini dapat diartikan menghasilkan "pembacaan palsu". "Hal ini yang memang menjadi sentimen negatif pada pengembangan vaksin global," imbuhnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1023 seconds (0.1#10.140)