Sri Mulyani Sebut Pandemi Balikkan Capaian Angka Kemiskinan

Selasa, 01 Desember 2020 - 18:13 WIB
loading...
Sri Mulyani Sebut Pandemi Balikkan Capaian Angka Kemiskinan
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa jika pandemi Covid-19 tidak terjadi di Indonesia, maka tingkat kemiskinan akan menurun siginifikan. Menurutnya, angka kemiskinan bisa di bawah 9%. ( Baca juga:Ledakan PHK Makin Ngeri, 2,67 Juta Orang Nganggur Dadakan )

"Jika pandemi covid-19 tidak terjadi, tingkat kemiskinan di Indonesia untuk pertama kalinya bisa berada di bawah 9%, atau lebih tepatnya 8,9%," katanya dalam Konferensi Pers Strategi Implementasi APBN 2021, Selasa (1/12/1010).

Ia menjelaskan, seandainya tidak ada program perlindungan sosial (perlinsos) maka angka kemiskinan akan tambah naik lagi. Diprediksi,angka kemiskinan akan bertambah jadi dua digit.

"Tingkat kemiskinan bisa naik dari 9,22 menjadi 10,96%," jelasnya.

Ia menambahkan, dengan adanya berbagai perlindungan sosial yang diberikan pemerintah maka tingkat kemiskinan pun bisa ditekan. Pemerintah telah mengeluarkan dana sebesar Rp157 triliun sehingga bisa menekan kemiskinan di level 9,69%. ( Baca juga:Lewis Hamilton Positif Covid-19, Absen Balapan di GP Sakhir )

“Ini yang menggambarkan betapa Covid-19 betul-betul membalikkan seluruh pencapaian pembangunan. Namun pemerintah dengan respon policy-nya akan terus berupaya agar kita betul-betul bisa mengembalikan track dari pembangunan kita, meskipun masih di tengah-tengah covid-19,”tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)