Airlangga: Sektor Pertanian Jadi Juru Selamat Ekonomi RI

Rabu, 02 Desember 2020 - 12:49 WIB
loading...
Airlangga: Sektor Pertanian Jadi Juru Selamat Ekonomi RI
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. FOTO/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Pandemi virus corona (covid-19) mempengaruhi hampir ke semua sektor perekonomian. Termasuk juga sektor penyumbang terbesar bagi perekonomian Indonesia yakni pertanian, kehutanan dan perikanan. Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, ketiga sektor tersebut mengalami tren penurunan selama masa pandemi covid-19. Hal ini dikarenakan adanya kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di berbagai daerah.

Sebab, kebijakan PSBB ini cukup berpengaruh pada distribusi barang ke beberapa daerah. Termasuk juga distribusi hasil pertanian yang juga terkena imbasnya "Sebagai penyumbang ketiga terbesar bagi PDB kita, sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan juga mengalami tren penurunan pertumbuhan ekonomi, tren penurunan ini terjadi sebagai akibat dari pembatasan sosial di berbagai daerah yang berdampak pada distribusi hasil pertanian," ujarnya dalam acara Indonesian Palm Oil Conference (IPOC) secara virtual, Rabu (2/12/2020).



Namun menurut Airlangga, meskipun mengalami tren penurunan sektor pertanian masih bisa tumbuh positif pada masa pandemi covid-19. Bahkan, sektor pertanian juga menjadi penyelamat perekonomian di saat sektor industri lumpuh. "Namun, pertumbuhan sektoral kita memastikan bahwa sektor pertanian cenderung memiliki ketahanan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan sektor industri dalam menghadapi pandemi Covid-19," jelasnya.



Oleh karena itu lanjut Airlangga, pemerintah mengeluarkan berbagai macam kebijakan untuk mengatasi keterpurukan ekonomi ini ke sektor pertanian. Salah satunya adalah dukungan kepada para pengusaha kelapa sawit. "Oleh karena itu, untuk pertumbuhan di sektor ini, pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mengatasi keterpurukan tersebut, salah satunya mengenai dukungan terhadap industri kelapa sawit," jelasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1405 seconds (0.1#10.140)