Rumah Tapak atau Apartemen, Mana yang Jadi Idaman

Rabu, 02 Desember 2020 - 19:49 WIB
loading...
Rumah Tapak atau Apartemen, Mana yang Jadi Idaman
Apartemen akan memerlukan berbagai biaya tambahan. (Foto: Dok. Architectaria)
A A A
JAKARTA - JAKARTA - Seiring perkembangan zaman, pemilihan hunian pun semakin beragam dan penuh inovatif. Masyarakat pun bisa memilih tempat tinggal idaman sesuai dengan harga dan lokasi.

Meskipun memiliki banyak keuntungan, namun banyak pula yang masih bingung menentukan pilihan yang tepat. Seperti memilih antara rumah tapak dan apartemen.

Dari dua tipe hunian ini, masing-masing memiliki keuntungan dan kelemahan yang harus diperhatikan bagi calon pembeli. "Seperti hak dan kewajiban terkait apartemen dan rumah konvensional yang berbeda," jelas pengamat properti Panangian Simanungkalit.

Bahkan, ada perbedaan antara rumah tapak dan hunian vertikal yang menambah atau pun mengurangi daya tarik masing-masing. Panangian menambahkan, dari segi biaya rumah tapak lebih hemat, karena penghuni tidak harus mengeluarkan berbagai biaya, seperti keamanan dan kebersihan. Namun, rumah tapak juga memerlukan biaya perawatan bangunan tiap tahunnya seperti pengecatan eksterior, atap bocor, dan lain-lain.

Sedangkan bila Anda memilih apartemen, siapkan dana untuk biaya yang lebih mahal. Karena ada tambahan biaya seperti service charge, sinking fund, serta biaya listrik, dan air yang lebih mahal.

"Kelemahannya bila memilih apartemen, pemilik tidak bebas merenovasi. Bahkan, ada beberapa pengelola yang memberikan tambahan biaya jika penghuni ingin merenovasi unitnya," tuturnya.

Jadi, pilih mana? Apartemen atau rumah tapak untuk hunian idaman.
(wan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2962 seconds (0.1#10.140)