Genjot Ekonomi, Jokowi Minta Peran BI Lebih Optimal

Kamis, 03 Desember 2020 - 12:41 WIB
loading...
Genjot Ekonomi, Jokowi Minta Peran BI Lebih Optimal
Presiden Joko Widodo. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perekonomian nasional berangsur pulih di tengah terjangan pandemi Covid-19. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan agar seluruh pihak bersinergi dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

Dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2020 yang digelar secara virtual, Presiden Jokowi berharap agar bank sentral tersebut dapat berperan secara lebih optimal mendorong pertumbuhan ekonomi. "Berkontribusi lebih besar untuk ikut menggerakkan sektor riil, mendorong penciptaan lapangan kerja baru, dan membantu sektor usaha utamanya UMKM agar bisa kembali produktif," ujar Jokowi, Kamis (3/12/2020).



Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengingatkan dalam situasi krisis seperti saat ini seluruh pijak harus mampu bergerak cepat dan tepat, serta membuang jauh-jauh ego sektoral dan ego sentrisme lembaga. "Dan jangan membangun tembok tinggi-tinggi berlindung di balik otoritas masing-masing. Kita harus berbagai beban, berbagi tanggung jawab untuk urusan bangsa dan negara ini agar negara kita mampu bertransformasi menjadi kekuatan ekonomi baru di tingkat regional dan global," ucap Jokowi.



Jokowi juga menyebut bahwa sinyal positif terhadap perekonomian nasional di tengah pandemi Covid-19 telah semakin jelas terlihat. Hal ini merupakan hasil kerja kelas seluruh pihak dalam upaya pemulihan ekonomi nasional yang terdampak di masa pandemi ini. "Titik balik menuju membaik. Tren positif membaik, dan dengan momentum ini saya yakin kita akan bergerak lagi ke arah positif di triwulan keempat dan seterusnya," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1257 seconds (0.1#10.140)