Tiga Jurus BI Bantu Pemerintah Pulihkan Ekonomi di 2021

Kamis, 03 Desember 2020 - 14:36 WIB
loading...
Tiga Jurus BI Bantu Pemerintah Pulihkan Ekonomi di 2021
Ilustrasi BI. FOTO/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyampaikan bahwa pihaknya akan terus mendukung pemulihan ekonomi nasional. Adapun dukungan tersebut melalui stimulus kebijakan moneter yang akan dilanjutkan di tahun 2021. Perry menjelaskan, dukungan pertama adalah melalui stabilitas nilai tukar Rupiah sesuai fundamental dan mekanisme pasar tetap dijaga. Kedua, suku bunga yang akan tetap rendah sampai dengan muncul tanda-tanda tekanan inflasi meningkat.

"Ketiga, melanjutkan pembelian SBN dari pasar perdana untuk pembiayaan APBN Tahun 2021 sebagai pembeli siaga (non-competitive bidder) dan kebijakan makroprudensial yang juga tetap akan akomodatif pada tahun 2021," ujar Perry dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2020 secara virtual, Kamis (3/12/2020).



Selain itu, BI juga akan terus mengakselerasi implementasi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025, yaitu dengan mempercepat pendalaman pasar uang sesuai Blueprint Pendalaman Pasar Uang (BPPU) 2025. Perry menuturkan, BI juga akan terus mendukung pengembangan ekonomi-keuangan Syariah dan UMKM dan terus aktif dalam berbagai forum internasional dari sisi kebijakan internasional. "Bank Indonesia juga akan terus mengarahkan seluruh instrumen kebijakan untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional, yang terkoordinasi erat dengan Pemerintah dan KSSK, dengan tetap menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan," ucapnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1701 seconds (0.1#10.140)