Consumer Banking 2021

Sabtu, 05 Desember 2020 - 07:24 WIB
loading...
A A A
Less Income & Spending

Dilihat juga dari arus keuangan masyarakat di masa pandemi, mereka cenderung mengurangi spending karena daya beli yang menurun sebagai akibat pendapatan yang berkurang saat pandemi. Dengan begitu perbankan harus berinovasi dengan menciptakan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan nasabah di masa Covid-19.

#3. Inner-Circle: Competition

Perubahan kompetisi memotret gerak para pemain di industri akibat pandemi yang pada gilirannya akan membentuk rule of the game baru dan mengubah peta persaingan. (Baca juga: Saat Pandemi, Cek kesehatan Bisa Dilakukan dari rumah)

Digital Branch

Kondisi di perbankan menunjukkan bahwa digitalisasi membuat berkembangnya inovasi digital branch, yaitu para nasabah bisa dilayani kebutuhan perbankannya melalui virtual assistance tanpa harus mengunjungi kantor cabang terdekat. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan para nasabah agar tidak melakukan banyak persentuhan fisik pada proses bisnis perbankan saat pandemi korona.

Digital Banking Strike

Di sisi lain digital banking kian menggeliat di antara para pemain bank di Indonesia. Mulai dari pengembangan aplikasi mobile banking dengan berbagai fitur transaksi dan administrasinya hingga fasilitas pembukaan rekening nasabah secara online sehingga memudahkan pelayanan konsumen dan memberikan rasa aman dari penyebaran virus corona akibat kontak langsung. (Lihat videonya: Tips Menjaga kebersihan rumah dari Droplet dan Virus)

Responsible Banking

Di sisi lain masyarakat juga mengharapkan adanya responsible banking, yaitu para pemain juga menunjukkan empati mereka kepada konsumen saat Covid-19 melanda. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan saluran dana dan sumbangsih mereka untuk korban dan kelompok masyarakat yang membutuhkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3224 seconds (0.1#10.140)