Jokowi: Produk RI Tak Kalah Hebat dengan Asing

Senin, 07 Desember 2020 - 17:19 WIB
loading...
Jokowi: Produk RI Tak Kalah Hebat dengan Asing
Presiden Joko Widodo. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia. Dimana jumlah penduduk Indonesia saat ini mencapai 270 juta jiwa.

“Dengan jumlah penduduk yang besar itu, dengan daya beli yang terus meningkat, Indonesia memiliki potensi pasar yang juga sangat besar. Kekuatan pasar yang juga sangat menjanjikan,” katanya dalam sambutannya di acara Anugerah Bangga Buatan Indonesia Tahun 2020 yang digelar secara virtual, Senin (7/12/2020).

Baca Juga: Jokowi: 15 Juta Vaksin Akan datang Lagi Bulan Ini

Dia mengingatkan agar potensi pasar yang besar ini jangan sampai dimanfaatkan oleh negara lain. Menurutnya Indonesia harus memanfaatkan potensi pasar ini untuk industri dalam negeri. “Namun jangan sampai dengan kekuatan pasar yang besar itu, justru dimanfaatkan oleh orang lain, oleh negara lain. Kita harus memanfaatkan pasar yang besar ini untuk meningkatkan industri di dalam negeri.Kita harus memanfaatkan untuk mempercepat industrialisasi, membuat produk dalam negeri dan sekaligus menciptakan lapangan kerja,” paparnya.

Jokowi juga ingin agar Indonesia jangan hanya menjadi target konsumen produk dari negara lain. Dia menyebut bahwa produk dalam negeri tidak kalah hebat dengan negara lain. “Padahal kita memiliki produk dalam negeri yang hebat. Banyak anak bangsa yang mampu menghasilkan karya-karya hebat. Apalagi di bidang industri kreatif seperti fesyen, kuliner, kriya, film, musik, animasi, games dan sebagainya,” ujarnya.

Baca Juga: KPK Sedang On Fire, Jokowi Diingatkan Segera Reshuffle Kabinet

Dia mengajak seluruh komponen bangsa memanfaatkan momen saat ini untuk memperkuat industri dalam negeri dan industri kreatif nasional. “Kita akan terus memperbaiki ekosistem berusaha bagi para pelaku industri kreatif. Kita harus ciptakan lebih banyak peluang bagi industri dalam negeri untuk makin berkembang. “Kita harus munculkan potensi-potensi tersembunyi agar tampil memperkaya ragam kreasi khas Indonesia,” pungkasnya.
(nng)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1953 seconds (10.55#12.26)