Solusi Praktis Cegah Taman Jadi Becek karena Hujan

Selasa, 08 Desember 2020 - 21:57 WIB
loading...
Solusi Praktis Cegah Taman Jadi Becek karena Hujan
Taman yang bersih akan bikin nyaman penghuni rumah. (Foto: Dok. Arsitag)
A A A
JAKARTA - SIAPAtidak suka melihat taman segar setelah hujan turun. Tapi, cipratan air hujan yang jatuh ke tanah dan membuat genangan serta cipratan di lantai sudah pasti bikin kesal yang punya rumah.

Setiap kali hujan turun, kita harus membersihkan cipratan air tanah yang mengenai lantai teras. Sebenarnya, tidak perlu kesal juga, karena ada solusi praktis mencegah taman becek.

"Cara mencegah taman becek yang sederhana, tebarkan saja batu koral. Kalau memang tidak mau menutup seluruh permukaan taman, tebarkan di tepiannya yang berbatasan dengan lantai rumah," jelas arsitek lanskap Herlin Wibowo.

Dengan begitu, air hujan yang turun tidak langsung mengenai tanah. Kalaupun ada cipratan air, tidak akan sekotor ketika air hujan langsung menyentuh permukaan tanah.

Selain batu koral, cara lainnya bisa dengan menutup seluruh permukaan tanah menggunakan rumput sintetis. Rumput buatan ini biasanya terbuat dari vinyl, warnanya mirip sekali dengan warna rumput asli.

Karena terbuat dari vinyl, rumput ini mudah dibersihkan sehingga mencegah taman becek ketika hujan. "Untuk memasangnya, memang harus menutup seluruh permukaan tanah dengan semen terlebih dahulu," lanjut Herlin.

Jadi, Anda hanya bisa menempatkan tanaman pot di atasnya. Kalau ingin memasangnya, jangan lupa buat dahulu lubang pembuangan air. Herlin menambahkan, meskipun harga rumput sintetis relatif mahal, tapi ‎sebanding dengan kepraktisan yang ditawarkan.

Nah, kalau ingin yang alami Anda bisa menutup permukaan tanah dengan rumput asli. Terlebih lagi, saat musim hujan bisa jadi saat tepat untuk menanamnya. Namun kekurangannya, cara ini butuh waktu dan kesabaran, karena rumput asli baru efektif mencegah taman becek ketika sudah tumbuh lebat. Jadi, sudah tentukan pilihan membuat taman tidak becek? Selamat mencoba.
(wan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1761 seconds (0.1#10.140)