Siap-siap! BTN Syariah Bakal Ikut Merger

Rabu, 09 Desember 2020 - 20:00 WIB
loading...
Siap-siap! BTN Syariah Bakal Ikut Merger
Bank Amanah merupakan nama entitas baru hasil merger bank syariah BUMN. FOTO/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri BUMN II Kartika Wiroatmodjo mengatakan penggabungan perbankan syariah BUMN saat ini memang baru melibatkan tiga bank syariah. Namun demikian, Bank BTN Syariah punya potensi besar masuk merger.

"Kami optimistis mendukung konsolidasi, BTN juga akan kami alihkan sehingga 1 atau 2 tahun ke depan bisa menjadi BUKU 4," kata Kartika dalam video virtual, Rabu (9/12/2020).



Meski demikian, Kartika tak menjelaskan adanya rencana penambahan modal langsung ke bank hasil merger ini. Adapun, modal hasil merger diperkirakan memiliki modal inti sekitar Rp20 triliun. Adapun kontribusi laba dari 3 bank merger diperkirakan baru mencapai Rp2 triliun pada tahun ini.

"Total aset bank syariah yang baru akan mencapai Rp220 triliun, jika ditambah dengan BTN yang akan dialihkan juga total aset bank syariah baru akan mencapai Rp250 triliun," jelasnya.



Sebagai informasi, proses merger tiga bank syariah BUMN saat ini masih berlangsung dan ditargetkan rampung Februari 2021.Ketiga bank tersebut yaitu PT Bank Syariah Mandiri, PT BRI Syariah Tbk., dan PT Bank BNI Syariah.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)